Sampo yang digunakan orang zaman dulu


Hidup di zaman dulu belum bahkan tidak se canggih sekarang, dulu apapun yang dilakukan atau aktivitas apapun selalu berkaitan dengan alam. Mencari makan dari alam, membuat perapian juga dari alam dengan memanfaatkan gaya gesek batu atau kayu, bahkan mandi pun dengan alam seperti mandi di sungai. Namun sungai jaman dulu masih sangat bersih dan segar tidak seperti sekarang.

Tapi, pernahkah anda berfikir pada zaman dulu kan masih belum ada teknologi yang canggih, terus jika mandi khususnya pada saat keramas orang – orang zaman dulu menggunakan apa ? Apa orang zaman dulu hanya mandi dengan air sungai lantas tidak menggunakan sampo seperti yang kita gunakan ? Nah oleh karena penulis akan memberi tahu sampo yang digunakan orang jaman dulu, dengan apa orang – orang zaman dulu membersihkan rambutnya.

Sampo yang digunakan orang jaman dulu

Apakah ada yang tau dengan merang ? ya, merang adalah bekas tangkai padi yang sudah kering.
Batang padi yang sudah kering atau yang disebut dengan merang adalah sampo alami yang dipakai oleh orang  orang zaman dahulu sebelum sampo diperkenalkan.

Sampo yang digunakan orang zaman dahulu ini disebut orang zaman dulu sebagai londho merang.
Merang padi ini sudah diketahui khasiat nya yaitu untuk membuat rambut hitam, menguatkan akar rambut dan  tidak menjadikan rambut cepat beruban.

Sampo merang atau yang disebut londho merang ini pada selain digunakan masyarakat dulu juga dipakai oleh putri – putri kerajaan untuk merawat rambut mereka.
Oh ya, cara membuat sampo yang dipakai orang zaman dulu cukup mudah dan sangat alami karena tidal menggunakan bahan kimia.

Caranya hanya dengan mengambil merang padi yang sudah kering dan membakarnya setelah itu campurkan abu merang dengan air bersih lalu diamkan air tadi semalaman ditempat terbuka alhasil londho merang bisa dipakai dengan menyaring agar endapan tidak ikut.

Bahan sampo jaman dahulu

Demikianlah informasi tentang sampo yang dipakai orang zaman dulu. Jangan salah meskipun sampo ini sangat jadul sekarang banyak yang menggunakan untuk mengatasi masalah pada rambut mereka seperti masalah uban dan rambut rontok. Semoga menambah wawasan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sampo yang digunakan orang zaman dulu"

Posting Komentar