Sehat Ala Nabi Muhammad SAW


Sehat itu mahal harganya. Karena itu tidak heran banyak orang mengeluarkan biaya mahal untuk menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi aneka macam vitamin atau suplemen kesehatan, serta menjaga kebugaran tubuh di gym atau tempat fitnes.

Seiring perkembangan jaman, bibit penyakit atau virus penyakit semakin bermutasi menjadi lebih kuat. Sehingga terkadang ada orang sakit yang sulit sembuhnya, padahal sudah minum obat dan melakukan perawatan untuk menyembuhkan penyakitnya. Virus penyakit memang lebih kebal dan kuat karena lingkungan manusia semakin berpolusi.

Tidak ada salahnya kita menjaga kesehatan dengan cara tradisional, untuk membentengi diri dari penyakit. Contohnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dijamin tidak ribet dan tidak mengeluarkan biaya.

Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

1. Tidur tepat waktu

Tidur merupakan kunci sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap terjaga dan segar. Sebab tidur memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dan memperbarui setiap sel tubuh yang usang. Tidur juga bisa menjaga kesehatan mental agar selalu stabil. 

Oleh karena itu jika sudah waktu tidur, segeralah untuk tidur. Waktu tidur yang paling ideal adalah sekitar 2 jam setelah shalat isya'. Kemudian jika terbangun, untuk shalat malam dan dilanjut dengan shalat subuh.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan, untuk tidur sekitar 8 jam yang sesuai dengan konsep pembagian waktu 24 jam yaitu sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah dengan Allah SWT, dan sepertiga lagi untuk beristirahat.

2. Berhenti makan sebelum kenyang

Makan juga menjadi kunci untuk tubuh agar selalu sehat dan bugar. Meskipun sedang lapar, dianjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang, yang bertujuan agar tidak membebani kerja pencernaan. Juga disarankan untuk makan sebelum lapar agar terhindar dari kebiasaan untuk makan secara berlebihan, yang juga tidak baik untuk pencernaan.

Baca Juga ------------ Pesan Nabi Muhammad SAW Untuk Suami Selingkuh --------------

3. Makan dengan tangan kanan

Makan dengan tangan kanan, bisa dibilang bermanfaat untuk kesehatan. Sebab ketika makan dengan tangan kanan, maka kerja otak kiri akan jadi lebih aktif. Dan otak kiri sendiri lebih bersifat teratur daripada otak kanan yang acak.

4. Makan atau minum selalu dengan duduk

Melakukan aktivitas makan atau minum dengan duduk tidaak hanya bisa membuat kita menjadi merasa nyaman. Sebab secara ilmiah, saat duduk maka katup sistem pencernaan akan terbuka sehingga makanan atau minuman akan mudah dicerna.

5. Puasa

Puasa tidak hanya mengajarkan kita untuk mengendalikan hawa nafsu saja. Sebab dengan berpuasa, maka kita memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dalam mencerna makanan. Sehingga akan memperlancar proses detoksifikasi dalam tubuh. Puasa juga bisa membantu kita dalam mengendalikan berat badan.

Baca Juga ------------- Cara Tidur Nabi Muhammad SAW -----------------

Nah, itu tadi Sehat Ala Nabi Muhammad SAW. Memang terdengar biasa saja dan sederhana, namun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka sistem kekebalan tubuh serta kesehatan kita bisa terjaga di tengah gempuran virus penyakit yang semakin berbahaya seperti saat ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sehat Ala Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar