Tips Hidup Rukun Bersama Mertua


Masalah yang biasa dialami oleh pasangan suami istri adalah kurang harmonisnya hubungan dengan orang tua suami atau istri. Mertua dan menantu seringkali tidak akur, itu adalah hal yang sudah biasa terjadi.

Padahal sejatinya mertua adalah orang tua juga. Sama halnya seperti orang tua kandung. Permasalahan yang terjadi antara mertua dan menantu, biasanya meliputi campur tangan mertua terhadap permasalahan atau kondisi keluarga, atau sikap mertua yang terlalu cerewet terhadap menantunya.

Nah, jika kalian saat ini atau sering menghadapi masalah dengan mertua, berikut ini Tips Hidup Rukun Bersama Mertua, yang bisa membantu agar hubungan antar mertua dan menantu menjadi lebih baik.

Tips Hidup Rukun Bersama Mertua

1. Mintalah suami atau istri agar lebih bertanggung jawab terhadap hubungan pernikahan

Hubungan antara mertua dan menantu menjadi tidak harmonis, ketika mertua merasa mereka harus membantu putra atau putri mereka menyelesaikan persoalan. Maka mintalah suami atau istri untuk bersikap bijak, dengan tidak selalu menceritakan atau mengadukan masalah rumah tangga kepada orang tuanya, agar mertua kamu tidak terganggu oleh masalah yang sedang dihadapi anaknya.

2. Jadilah bagian dari keluarganya

Hargailah keberadaan mertua dengan pura-pura bertanya tentang tingkah laku suami atau istri di masa kecilnya, walaupun sebenarnya kamu sudah tahu dari cerita suami atau istrimu. Hubungan mertua dan menantu bisa menjadi tidak harmonis ketika kamu bersikap alay, sehingga mertua kamu menganggap kamu telah merebut anaknya. Menikahi seseorang sama artinya dengan menjadi bagian atau menjadi anggota keluarganya.

3. Jadikan mertua sebagai orang tua kamu yang kedua

Jika kamu telah berniat untuk menjalani hidup bersama dengan seseorang yang kamu cintai, maka pendekatan dengan keluarganya harus kamu lakukan sejak awal. Mertua cerewet itu sudah biasa. Mereka demikian karena merasa tidak diperhatikan karena kalian berdua terlalu sibuk memadu kasih. Anggap dan perlakukan mertua sebagai orang tua kamu juga, niscaya masalah semacam ini akan berlalu dan hubungan kamu dengan mertua menjadi lebih dari sekedar mertua dan menantu.

4. Melakukan kegiatan bersama

Mertua dan menantu akan jadi lebih akrab, jika sering melakukan banyak hal bersama. Tidak ada salahnya sesekali membantunya memasak atau belanja ke pasar. Kamu akan dapat memahami karakter dan pola pikir seseorang, ketika kamu sering berinteraksi dengan mereka. Jangan lupa pelajari dan catat dalam hati, tentang hal-hal yang disukai mertua kamu, agar kamu bisa memberi kejutan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Itu tadi Tips Hidup Rukun Bersama Mertua. Semoga bermanfaat dalam membantu mengatasi kamu yang bermasalah dengan mertua. Jika mencobanya harus dengan hati ikhlas ya? Karena sesuatu yang dilakukan dengan hati, pasti akan dapatkan hasil yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Hidup Rukun Bersama Mertua"

Posting Komentar