Inilah 10 Jurusan Kuliah Yang Dijamin Pasti Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah


Kemana kamu setelah lulus SMA nanti? Mau melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, kursus, atau langsung mencari kerja? Pilihan ada di tangan kamu, tetapi alangkah baiknya jika keputusan yang kamu ambil nanti berguna untuk masa depan kamu.

Bagi kamu yang hendak melanjutkan kuliah, memang tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan itu tidaklah murah. Ada banyak orang tua yang sampai rela menjual tanahnya agar anaknya bisa kuliah. Atau ada juga mahasiswa/mahasiswi yang juga bekerja sambil kuliah, agar segulung ijazah bisa didapat.

Namun, tidak semua lulusan sarjana bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmunya, serta gaji yang sesuai dengan impian. Ada banyak juga sarjana yang menganggur dan gagal mendapat pekerjaan.

Kamu sebagai calon mahasiswa/mahasiswi perlu bersikap bijak dan berpikiran luas, dalam memilih program studi di universitas. Sehingga kualifikasi kamu kelak sesuai dengan kebutuhan industri atau lapangan kerja yang ada.

Inilah 10 Jurusan Kuliah Yang Dijamin Pasti Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

10 Jurusan Kuliah Yang Dijamin Pasti Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

1. Dokter dan Dokter Gigi

Dengan biaya studi paling mahal selama 4 tahun, bidang studi kedokteran dan dokter gigi menjanjikan peluang pekerjaan hampir 95% setelah mahasiswa/mahasiswi nya lulus kuliah. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan dokter, ahli bedah, dan dokter gigi.

2. Dokter Hewan

Bidang kedokteran hewan memang memicu debat dan kontroversi, lebih-lebih dengan isu dokter muslim dan hewan yang najis untuk disentuh. Namun kesadaran yang semakin meningkat terhadap nilai kasih sayang kepada hewan, menaikkan popularitas program studi ini. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan dokter hewan, ahli biologi hewan, dan peneliti perusahaan farmasi hewan.

3. Jurusan yang terkait dengan kedokteran

Jurusan yang mencakup studi kesehatan fisik secara holistik, yang difokuskan pada cabang-cabang dalam bidang pengobatan dan kedokteran. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan psikolog, fisioterapis, bidan, perawat, dan ahli anaestetik.

4. Arsitektur, Konstruksi, dan Perencanaan

Kuliah jurusan ini menggabungkan kedua bidang ilmu sains dan kemanusiaan. Bahkan bidang ini memberi kontribusi langsung terhadap pembentukan lingkungan manusia, seperti konstruksi bangunan dan perencanaan sebuah pemukiman. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan arsitek, juru gambar teknik, dan perencana kota.

5. Teknik dan Teknologi

Bidang studi ini merupakan anggota bidang teknologi rekayasa, yang sering bertanggung jawab untuk desain dan pengembangan. Lulusan teknologi rekayasa dapat bekerja di industri besar seperti produksi, konstruksi, industri, pemeliharaan, dan manajemen. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan desainer produk, pengembangan sistem, insinyur, operator teknis dan kontrol kualitas.

6. Ilmu Komputer

Ilmu komputer umumnya adalah pengkajian perhitungan dan pengolahan informasi, apakah dari segi hardware maupun software, sesuai dengan jaman yang semakin berkembang. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan programmer, eksekutif IT, desainer grafis dan multimedia, animator, dan teknisi jaringan.

7. Pendidikan

Pendidikan ini cocok untuk mereka yang tertarik dalam bidang psikologi dan sosiologi pendidikan manusia. Selain itu, kuliah di bidang ini turut meningkatkan kesadaran tentang peran perkembangan kognitif, fisik, emosi, kreativitas, bahasa dan estetika manusia. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan guru, asisten peneliti dari LSM, pendidik pribadi atau guru private.

8. Studi Bisnis

Jurusan ini melahirkan lulusan keterampilan administrasi, manajemen sumber daya manusia, akuntansi, keuangan, pemasaran, asuransi, perbankan dan juga kewirausahaan. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan asisten pejabat investasi, asisten pegawai operasional, pengusaha, dan agen asuransi.

9. Ilmu Matematika

Bidang ini berhubungan dengan matematika dan statistik, serta mengolah kemampuan untuk menggunakan teknik dan metode kuantitatif yang tepat untuk melakukan analisis, penelitian, perkiraan, dan perencanaan dalam lingkungan industri. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan peneliti statistik, eksekutif kontrol mutu, analisa bisnis, dan eksekutif bank.

10. Studi Sosial

Yaitu disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan sifat-sifat kelompok manusia. Bidang ini sebenarnya mencakup cabang-cabang ilmu yang luas seperti geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sosiologi. Prospek karier pada pendidikan ini adalah pekerjaan pakar kriminologi, penjaga arsip sejarah, analisa pemasaran, dan dosen.

Nah, itu tadi 10 Jurusan Kuliah Yang Dijamin Pasti Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah. Kamu bisa mulai menganalisa sekarang, kira-kira jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Ingat, jangan sampai salah pilih, karena jurusan yang sesuai akan menentukan kesuksesan masa depan kamu nanti.

Baca juga ------- Daftar Sekolah SMA/SMK Terbaik Se-Indonesia 2015 -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 10 Jurusan Kuliah Yang Dijamin Pasti Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah"

Posting Komentar