2 cara menguji kesehatan mata Anak Anda


Bacadata : Bagaimana menguji kesehatan penglihatan anak Anda? Untuk lakukan kontrol penglihatan pada anak kita terlebih dulu mesti tahu bagaimanakah perubahan anak bayi terlebih di saat tahun pertama perubahannya. Bersamaan dengan bertambahnya umur, jadi ukuran akurasi penglihatan anak yang dinilai bakal makin baik serta kompleks.

Langkah simpel untuk Anda, juga sebagai orangtua, lakukan uji kesehatan penglihatan dirumah pada bayi sampai usia setahun, bisa lakukan hal di bawah ini :

1. Coba menempatkan suatu objek menarik di depan salah satu matanya serta mencermati bagaimanakah anak bayi Anda bereaksi pada objek itu.

Objek itu dapat muka Anda atau mainan kecil, umpamanya boneka berwarna cerah. Reaksinya bakal tunjukkan kehadiran serta kwalitas penglihatan pada mata yang diuji. Butuh di perhatikan kekuatan fiksasi mata anak, apakah mata bakal ikuti objek saat digerakkan sesuai sama arahnya. Janganlah memakai objek yang berbunyi, umpamanya lonceng kecil, lantaran bakal susah memastikan apakah bayi lihat atau mendengar lonceng itu.

2 cara menguji kesehatan mata Anak Anda

2. Sesudah balita mulai bicara, dia bisa di ajak berperan serta dalam sistem pengujian.

 Gambar-gambar atau benda akrab, seperti mainan, boneka, serta yang lain bisa dipakai untuk menguji. Anak disuruh mengidentifikasi objek yang diperlihatkan. Tiap-tiap mata mesti diuji dengan cara terpisah, dengan mata lain tertutup, oleh karena itu langkah paling baik untuk tahu adakah ke tidaksamaan dalam kekuatan penglihatan.

Nah sesudah lakukan pengujian ini, apabila anak tunjukkan ada permasalahan penglihatan, selekasnya tanyakan ke pakar mata profesional untuk mengidentifikasi serta mengatasi permasalahan visual yang ada. Diagnosis awal pada permasalahan mata yaitu kunci paling utama kesuksesan koreksi atau pengobatannya. Terkecuali deteksi awal, perlindungan mata anak juga mesti jadi perhatian untuk orangtua lantaran mata anak masih tetap peka.

Mata anak lebih rawan pada paparan cahaya ultraviolet A serta B (UVA serta UVB) lantaran lensa mata anak-anak lebih transparan dibanding lensa mata orang dewasa. Hal semacam ini menyebabkan resiko lebih tinggi pada paparan cahaya UV pada retina.

Ditambah lagi, anak-anak semakin banyak menggunakan saat bermain diluar ruang dalam kesehariannya. Juga sebagai langkah pencegahan, sebaiknya beberapa orang-tua melengkapi anak-anak mereka dengan kacamata pelindung cahaya UV.

“Kita butuh membuat perlindungan mata kita dari cahaya UV sehari-hari, ” kata Hugh R. Parry, presiden serta CEO Prevent Blindness America. Paparan pada cahaya UV telah lama dikaitkan dengan timbulnya katarak lebih awal, degenerasi makula serta bermacam masalah kesehatan mata yang lain. Itulah tips tentang 2 cara menguji kesehatan mata Anak Anda, dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "2 cara menguji kesehatan mata Anak Anda"

Posting Komentar