Inilah Cara Melihat Kondisi Kesehatan Dari Wajah


Kesehatan tubuh kita bisa terlihat dari gerak-geriknya, misalnya tubuh sedang tidak fit, maka kondisi tubuh akan terlihat lemas atau lelah. Namun, tidak hanya bisa dilihat dari kondisinya saja, wajah kita juga bisa menjadi penanda bahwa kita sedang tidak sehat.

Dengan menghabiskan waktu di depan cermin, kita tidak perlu takut di bilang narsis, karena dengan bercermin dan mengamati wajah kita dengan seksama maka kita bisa melihat kondisi kesehatan kita. Ada bagian-bagian pada wajah yang menunjukkan kita ini sedang sakit, atau menderita suatu penyakit tertentu.

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu amati dari wajahmu saat bercermin, untuk melihat kondisi kesehatan:

Inilah Cara Melihat Kondisi Kesehatan Dari Wajah

1. Mata Merah

Mata merah bisa menjadi tanda bahwa kamu menderita kelelahan. Mata merah juga bisa terjadi saat kamu menderita demam atau alergi. Jika sakit parah di salah satu sisi mata, bisa jadi kamu mengalami glaukoma, yang menyebabkan tekanan pada mata. Jika hal ini terjadi, maka kamu harus segera mengunjungi dokter.

2. Pipi Bengkak

Bengkak pada pipi yang ringan, bisa disebabkan oleh kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat saat makan malam. Namun, pipi bengkak yang parah bisa jadi karena kamu kekurangan hormon tiroksin. Pipi bengkak juga bisa menunjukkan kondisi seperti gejala sinusitis atau konjungtivitis.

3. Jerawat

Jerawat di usia dewasa, bisa berarti kamu memiliki sindrom polikistik ovarium (PCOS), yaitu suatu kondisi hormonal yang mempengaruhi sekitar 18 persen wanita. Penderita biasanya memiliki kista di sekitar tepi indung telur mereka, dan gejalanya termasuk menstruasi yang tidak teratur, berat badan, pertumbuhan rambut yang berlebihan, dan jerawat.

4. Mata Bengkak

Kantung mata bagian bawah yang membengkak, biasanya menandakan ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal menjaga kamu tetap sehat dengan membuang limbah dan cairan dari tubuh serta melepaskan hormon, untuk mengatur tekanan darah dan membuat sel-sel darah merah.

Jika ginjal tidak dapat melakukan hal ini dengan benar, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, anemia, tulang lemah, dan kerusakan syaraf. Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk kelelahan, kurang nafsu makan, insomnia, kram otot pada malam hari, kaki bengkak, kulit kering, dan sering buang air kecil.

5. Hidung Merah

Hidung merah bisa menjadi tanda bahwa kamu terlalu banyak minum alkohol. Alkohol melebarkan pembuluh darah kecil, yang mengarah ke penumpukan darah di dekat permukaan hidung, dan membuatnya tampak merah.

Kemerahan pada hidung, juga bisa diakibatkan oleh kondisi lupus autoimun, yang menyebabkan kelelahan dan nyeri sendi, serta ruam yang biasanya muncul di batang hidung. Tekanan darah tinggi juga menyebabkan kemerahan pada kulit tipis di wajah, termasuk hidung.

6. Kulit Kering

Terkadang, kulit kering di wajah kamu membutuhkan lebih dari sekedar pelembab mahal. Serbuk sari, polusi, tungau debu, bulu hewan, sabun, faktor hormonal, dan makanan tertentu, semua bisa memicu terjadinya kulit kering dan masalah kulit lainnya.

7. Cincin Sekitar Iris Mata

Tumpukan lemak di sekitar mata, bisa berarti kamu memiliki kolesterol tinggi. Suatu kondisi yang harus kamu cermati dan segera cek ke dokter. Selain itu, penyakit tiroid, kelebihan garam dalam tubuh, penyakit diabetes dan hati, juga ditandai dengan kelebihan lemak di bagian cincin mata.

8. Gusi Bengkak

Penyakit gusi, atau periodontitis, terjadi ketika gigi tidak dibersihkan dengan cukup. Gusi bengkak, merah atau berdarah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke akibat penumpukan plak dalam aliran darah.

9. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah adalah tanda Anda mengalami kekurangan zat besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel-sel darah merah, dan jika kekurangan dapat menyebabkan anemia. Lakukan diet seimbang, dan konsumsi suplemen zat besi, untuk mengatasinya.

10. Rambut Rapuh

Rambut rapuh, bisa disebabkan oleh timbulnya stres. Stres psikologis memainkan peran penting dalam gangguan kulit dan rambut. Kondisi gizi buruk, gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia, juga sering menyebabkan kerapuhan rambut.

11. Kulit kuning di sekitar hidung, mata dan mulut

Adanya benjolan kecil di sudut atas mata, warna kuning di sekitar area wajah tersebut, adalah tanda bahwa kolesterol tinggi. Hal itu dipicu oleh kolesterol yang menyumbat pembuluh arteri di area mata, hidung, atau mulut. Dalam dunia medis sering disebut dengan Xanthelasma.

12. Retak kulit di sisi bibir

Jika mengalaminya maka ini tanda bahwa kamu sedang alami kekurangan vitamin B. Selain itu lidah juga terasa tebal jika dibuat mengunyah. Kulit sudut bibir akan kering dan terlihat retak.

13. Guratan hitam di leher

Beberapa orang mengalami tanda semacam guratan hitam di leher. Ini bukan daki atau kotoran, melainkan ciri dari diabetes tipe 2. Tubuh yang resisten pada insulin akan mengeluarkan warna hitam di sekitar leher. Kondisi ini bisa menjadi indikasi bahwa kamu mengalami obesitas.

14. Wajah yang pucat

Ini adalah tanda bahwa kamu kurang darah atau zat besi. Karena itu sering dokter melihat apakah kamu mengalami anemia atau tidak, dengan membuka dan melihat bagian bawah mata kamu.

Baca Juga ------------ Kondisi Kesehatan Bisa Diketahui Lewat Air Kencing ----------------

Nah, itulah Cara Melihat Kondisi Kesehatan Dari Wajah. Selalu perhatikan apa yang terjadi di dalam tubuh kita, mulai dari melihat kondisi wajah kita atau bagian tubuh kita yang lainnya agar kita selalu sehat. Konsumsi makanan serta buah yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Jangan lupa sering berolahraga, agar tubuh kita sehat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Cara Melihat Kondisi Kesehatan Dari Wajah"

Posting Komentar