Tips Agar Terhindar Dari Kecelakaan Pesawat


Perjalanan menggunakan pesawat memang cukup efektif dan efisien, tetapi resiko kecelakaan pesawat terlalu besar, jika dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Memang, manusia tidak bisa menentukan takdir hidupnya. Hanya Allah SWT yang berhak menentukan usia seseorang. Musibah tidak bisa diduga darimana datangnya.

Bekal pengetahuan tentang cara-cara agar selamat dari kecelakaan pesawat tentunya sangat kita perlukan, karena akhir-akhir ini sering sekali terjadi kecelakaan pesawat. Mulai dari pesawat tergelincir, roda tidak keluar saat pendaratan, hilang kendali, hingga pesawat jatuh.

Dengan maraknya kejadian seperti yang tersebut diatas, maka kita bisa ragu-ragu untuk memilih menggunakan pesawat terbang saat akan melakukan perjalanan jauh, terutama jika harus membawa anak-anak.

Kita juga mengalami dilema jika harus melakukan perjalan jauh yang bisa memakan waktu lama. Pesawat menjadi satu-satunya transportasi pilihan agar kita tidak membuang waktu dan semakin lelah di perjalanan. Bagaimanapun juga kita harus mempersiapkan hal terburuk yang mungkin terjadi.

Tips Agar Terhindar Dari Kecelakaan Pesawat

Berikut beberapa Tips Agar Terhindar Dari Kecelakaan Pesawat:

1. Pilih rute tanpa transit

Kecelakaan pesawat biasanya terjadi saat lepas landas ataupun saat mendarat, sehingga dengan memilih rute tanpa transit akan memperkecil kemungkinan kecelakaan, karena rute tanpa transit hanya melakukan lepas landas dan proses pendaratan sekali saja.

2. Pilih pesawat dengan kapasitas penumpang besar

Pesawat jenis badan besar ini secara sertifikasi dan sistem keamanan lebih diutamakan dan diawasi lebih ketat. Semakin besar badan pesawat yang mampu menampung penumpang, maka cenderung lebih stabil dan nyaman. Selama ini banyak kecelakaan terjadi pada pesawat-pesawat kecil penerbangan lokal. Jarang terdengar kecelakaan pesawat badan besar yang biasanya untuk rute internasional.

3. Pilih tempat duduk yang tepat

Sebaiknya pilih tempat duduk terdekat dengan pintu darurat, atau pilih tempat duduk dibagian ekor pesawat. Berdasarkan penelitian, sebagian besar penumpang pesawat yang selamat 40 persen duduk di bagian ekor pesawat.

Umumnya kecelakaan pesawat yang hancur adalah bagian depan pesawat ataupun terbelah di tengah badan pesawat, sehingga posisi paling aman adalah di bagian ekor pesawat. Sehingga peluang selamat dari kecelakaan pesawat cukup besar.

4. Perhatikan letak pintu darurat

Kadang kita merasa bosan mendengarkan instruksi dari pramugari mengenai aturan keselamatan penumpang yang seakan berulang-ulang. Tetapi sebaiknya kamu benar-benar memahami aturan tersebut. Khususnya saat pramugari menginfokan letak pintu darurat.

Pastikan kamu tahu bahwa pintu darurat terletak di depan ataukah di belakang tempat duduk kamu. Sehingga sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu telah sigap untuk melakukan penyelamatan.

Nah, itu tadi Tips Agar Terhindar Dari Kecelakaan Pesawat. Semoga tips ini bermanfaat, agar kamu bisa mempersiapkan diri dan lebih waspada dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Agar Terhindar Dari Kecelakaan Pesawat"

Posting Komentar