Senyum Itu Ibadah Dan Baik Untuk Kesehatan


Jika ada pendapat bahwa tersenyum atau tertawa bisa menjadikan kulit wajah keriput, maka seharusnya tidak ada humor atau hal yang lucu di dunia ini. Kamu pasti juga sering mendengar bahwa senyum itu ibadah dan baik untuk kesehatan.

Rasulullah Shallahu 'alaihi wa Sallam tidak hanya menganjurkan umatnya untuk menebarkan senyuman dan menampilkan muka berseri-seri kepada saudaranya, tetapi juga teladan dalam perbuatannya tersebut. Beliau adalah sebaik-baik contoh dalam hal menebarkan senyuman dan menampilkan wajah yang berseri-seri. Kehidupan Rasulullah senantiasa dihiasi dengan senyuman. Para sahabat adalah saksi kehidupan Rasulullah Shallahu 'alaihi wa Sallam yang penuh dengan senyuman.

Senyum Itu Ibadah Dan Baik Untuk Kesehatan

Senyum Itu Ibadah Dan Baik Untuk Kesehatan
  • Senyum adalah sikap mulia bernilai ibadah. 
Orang yang murah senyum kepada sesama akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. Sebab senyum yang berangkat dari ketulusan hati merupakan sedekah.
 ”Senyummu terhadap saudaramu adalah kebajikan” (HR At-Tirmidzi)
“Senyummu ketika berjumpa saudaramu adalah ibadah” ( HR al-Baihaqi no 7935)

  • Membuat rileks
Ketika tertawa berarti kita sedang bahagia dan saat itulah kita akan merasa rileks. Hal ini berpengaruh langsung pada denyut jantung kita. Detak jantung menjadi lebih lambat dan santai. Kerja jantung menjadi lebih ringan karena stres berkurang dan kita akan jauh dari penyakit jantung.

  • Meningkatkan mood dan menghilangkan stres
Tertawa atau tersenyum mampu membantu melepaskan endorfin dari otak. Zat kimia ini dapat meningkatkan suasana hati dan membantu kita melepas stres tanpa obat. Kita menjadi lebih sering berpikir positif dan mampu menerima tantangan atau menghadapi masalah dengan baik.

  • Analgesik alami
Jika kita merasakan sakit atau nyeri di suatu bagian tubuh  maka cobalah tertawa atau tersenyum. Tersenyum dan tertawa akan merangsang produksi serotonin dan endorfin yang bukan hanya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, tetapi juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

  • Memperpanjang umur
Orang akan terlihat lebih awet muda dan panjang umur jika sering tersenyum atau tertawa. Wajah kita menjadi terlihat lebih bahagia dan cerah. Bukan hanya memberikan kesan ramah pada wajah, tetapi banyak tertawa juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

  • Meningkatkan produktivitas
Dikarenakan tertawa dan tersenyum bisa menurunkan kadar stres, meningkatkan produksi serotonin dan endorfin, maka juga besar pengaruhnya pada peningkatan produktivitas. Jika kita lebih bahagia, berpikir positif, mood yang baik atau tidak sedang kesal maka produktivitas juga menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas menjadi lebih menyenangkan.

Nah. itu tadi sedikit penjelasan tentang makna senyum itu ibadah dan baik untuk kesehatan. Senyum itu indah dan sehat, bagi orang yang memahami betul manfaat besar senyum, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Senyum itu ibadah dan baik untuk kesehatan. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Tidak bisa hidup tanpa tersenyum dan tertawa bukan? Jadi jangan terlalu serius, selalu tersenyum dan tertawa agar tetap sehat. Tetapi ingat, terlalu banyak atau berlebihan dalam tersenyum dan tertawa juga tidak baik, bisa-bisa kamu dipikir gila. Hahahaha......

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Senyum Itu Ibadah Dan Baik Untuk Kesehatan"

Posting Komentar