19 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Saat ini cuaca sedang tidak menentu, kadang hujan kadang panas. Keadaan ini dapat membuat tubuh menjadi mudah sakit karena menurunnya sistem imun atau kekebalan tubuh. Banyak penyakit yang dapat dihindari apabila sistem imun kita sehat. Sistem imun bekerja dengan melawan benda asing yang memasuki tubuh kita untuk menimbulkan kerusakan. Pembersihan radikal bebas dan regulasi hormon hampir sempurna untuk dilakukan apabila sistem imun tubuh kita kuat.

Oleh sebab itu menjaga kondisi daya tahan tubuh sangatlah penting. Selain dengan melakukan olahraga secara teratur ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi dapat membantu memberikan efek positif dalam meningkatkan sistem imun.

19 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

19 Jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

  • Semangka
Buah semangka memiliki banyak kandungan air yang berlimpah. Semangka juga mengandung antioksidan yaitu glutathione yang dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

  • Acai berry
Acai berry mengandung antioksidan yang tinggi dan dikenal dengan nama anthocyanins. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh dalam memberantas berbagai penyakit.

  • Kacang almond
Kacang almond kaya akan vitamin E dan B  yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang almond juga sudah dikenal memiliki dampak yang baik terhadap kesehatan.

  • Bayam
Bayam adalah sayuran hijau yang termasuk ke dalam sayur super karena mengandung banyak sekali nilai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita seperti folat, vitamin C, anti oksidan dan serat yang semuanya bermanfaat bagi tubuh.

  • Brokoli
Studi ilmiah menemukan bahwa brokoli mengandung vitamin A dan C, serta glutathione yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Jeruk
Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jeruk lemon adalah buah yang dapat meningkatkan sistem imun kita.

  • Yogurt
Yogurt mengandung vitamin D yang tidak hanya berguna untuk sistem pencernaan tetapi juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Yoghurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri yang baik untuk kesehataan ini sangat esensial untuk menjaga sistem pencernaan (usus). Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan yang ampuh.

  • Kubis
Kubis mengandung banyak glutathione yang berfungsi untuk melawan berbagai infeksi pada tubuh. Glutamin adalah salah satu asam amino esensial yaitu asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh. Mengkonsumsi kubis dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita.

  • Bawang putih
Bawang putih dapat menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan gairah bercinta dan banyak manfaat lainnya. Bawang putih memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan. Bawang putih mengandung allcin yaitu sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.

  • Daging
Daging kaya akan zink. Salah satu elemen yang sangat penting untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita ketahui, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

  • Barley dan oat (sejenis gandum)
Gandum mengandung serat potensial yang disebut beta-glucan dengan antioksidan dan antimikroba. Barley dan oat adalah makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas pada manusia.

  • Kentang manis
Kentang manis kaya vitamin A, dimana vitamin ini penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan, mendukung, dan memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh. Kentang manis mampu menjaga kulit kita dari bakteri dan kuman penyakit. Kulit adalah bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh.

  • Telur
Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dengan potensinya untuk membasmi penyakit, meningkatkan gairah bercinta, dan meregulasi aliran darah dalam tubuh.

  • Jamur
Jamur membantu dalam perbanyakan sel darah putih, yaitu sel tubuh yang berani dalam sistem imun untuk membantu melawan penyakit. Jamur juga kaya zink.

  • Alpukat
Alpukat mengandung vitamin B1, vitamin C, vitamin A dan mineral-mineral yang membuatnya menjadi buah yang termasuk dalam makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural.

  • Kelapa
Minyak kelapa dan kelapa memiliki keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Memiliki asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. Monolaurin itu fungsinya seperti air susu dan secara alami menguatkan sistem imun bayi.

  • Beri
Blueberry dan raspberry mempunyai antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun tubuh secara alami. Blueberry mempunyai kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah yang lain.

  • Sayuran hijau
Sayuran hijau kaya akan vitamin B1, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran tersebut juga kaya akan zink. Jika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka jangan segan untuk memasukkan sayuran hijau dalam daftar wajib makanan kita.

  • Jahe
Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh, kaya akan antioksidan dan mineral. Jahe menjadi favorit para lelaki yang ingin meningkatkan sistem kekebalan mereka

Itu tadi 19 Jenis makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimanapun juga bahan alami lebih baik untuk tubuh kita. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan membuat kita semua selalu sehat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "19 Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh"

Posting Komentar