Biografi Pahlawan nasional Kh Ahmad Dahlan

Biografi Pahlawan nasional Kh Ahmad Dahlan: Kh Ahmad Dahlan lahir pada tahun 1868, Kh sebenarnya bernama muhammad darwis . orang tua muhammad darwis bernama Kh Abu Bakar (imam khatib mesjid besar kesultanan yogyakarta) dan Nyai abu bakar ( putri Hj Ibrahim, hoofd penghulu yogyakarta). Sejak kecil  Muhamad darwis tinggal di lingkungan pesantren. Pertama kali beliau menunaikan haji pada saat umur 15 tahun (masih dini) pada tahun 1883. Lalu menuntut ilmu agama dan bahasa arab di mekah selama 5 tahun.

Biografi Pahlawan nasional Kh Ahmad Dahlan

Pada usia 20 tahun muhammad darwis kembali ke indonesia dan berganti nama menjadi muhammad darwis lalu diangkat menjadi khatib di kesultanan yogyakarta. Tahun 1902 – 1904 beliau kembali naik haji untuk yang kedua kalinya dimana tujuan beliau adalah memperdalam agama di mekah dan menikah dengan Siti Walidah saudara sepupunya sendiri anak penghulu haji fadil. Muhammad darwis dan siti walidah mempunyai enam anak yaitu  bernama :

1. Dhojanah
2. siradj dahlan
3. ketiga siti busro
4. Irfan dahlan
5. Siti aisyh
6. Siti zaharah.

Tahun 1912 Ahmad Dahlan mendirikan suatu organisasi yang bernama Muhamadiyah. Kh ahmad dahlan mempelopori kebangkitan umat islam untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa terjajah yang masih belajar dan terjajah. Strategi yang dilakukan oleh Kh Ahmad Dahlan untuk memperluas gagasan gerakan dakwah Muhamadiyah dengan cara mendirikan sekolah-sekolah.

Kh Ahmad Dahlan mendirikan organisasi muhammadiyah untuk melaksanakan pembaharuan islam dibumi nusantara untuk melakukan pembaharuan mengubah cara fikir tuntutan agama islam agar sesuai dengan alqur’an dan hadis. Awal pendirian organisasi Kh ahmad dahlan hanya dibolehkan berada di daerah yogyakarta, namun untuk menyebarkan muhamaddiyah mendirikan cabang dengan nama lain dari muhammadiyah.

Awalnya muhammadiyah ini diusulkan oleh muhammad sangidu seorang katib enom kraton jogjakarta. Dengan maksud dan tujuan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya. Atas jasa dari Kh ahmad dahlan dalam membangkitkan kesadaran bangsa ini melalui pembaharuan islam dan pendidikan.

Maka pemerintah RI (Republik Indonesia ) menetapkan Kh ahmad dahlan sebagai PAHLAWAN NASIONAL yang tercantum dalam surat keputusan Presiden no. 667 tahun 1961. Inilah biografi singkat tentang pahlawan Nasional Kh Ahmad Dahlan. Mungkin sebagian dari Anda lupa..

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Biografi Pahlawan nasional Kh Ahmad Dahlan"

Posting Komentar