Mengenal Perbedaan Antara Pria Dan Wanita


Pria adalah sebutan yang digunakan untuk spesies manusia berjenis kelamin jantan. Pria adalah kata yang umum digunakan untuk menggambarkan laki-laki dewasa. Pria relatif lebih kuat dibanding wanita. Wanita adalah sebutan yang digunakan untuk homo sapiens yang mempunyai alat reproduksi berupa vagina. Wanita adalah kata yang umum digunakan untuk menggambarkan perempuan dewasa.

Sebenarnya tidak ada pembagian peran antara pria dan wanita dalam rumah tangga. Pria dan wanita sama-sama berkewajiban mengasuh anak hingga usia dewasa. Jika ada pendapat wanita harus di rumah menjaga anak dan memasak untuk suami maka itu adalah konstruksi peran wanita karena pria juga bisa melakukan hal itu. Contoh lain misalnya pria yang lebih kuat dan tegas, sementara wanita harus lemah lembut. Inilah yang kemudian disebut dengan gender.

Selain perbedaan dari segi fisik dan gender, ternyata masih banyak perbedaan antara pria dan wanita yang mungkin belum kita ketahui. Penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan tersebut agar kita bisa meminimalis kesalahpahaman yang mungkin ditimbulkan saat kita menghadapi pasangan kita.

Mengenal Perbedaan Antara Pria Dan Wanita

Mengenal Perbedaan Antara Pria Dan Wanita

  • Kemampuan membaca peta
Seorang wanita kurang pandai membaca peta dan pria lebih pandai membaca peta. Hal ini terjadi karena pada masa pertumbuhan otak kanan pria berkembang lebih pesat dibandingkan otak kirinya dan menyebabkan koneksi pada otak pria terfokus hanya pada sisi yang sama saja. Pada otak kanan inilah terdapat kemampuan spasial yang dibutuhkan untuk membaca peta.

  • Emosi vs logika
Koneksi syaraf pada otak pria menghubungkan bagian depan otak ke bagian belakang otak di sisi yang sama. Sedangkan pada wanita koneksi tersebut menghubungkan otak kanan dan otak kiri. Itulah sebabnya mengapa wanita lebih sering menggunakan emosi dan intuisi daripada logika. Otak kanan berkaitan dengan emosi dan intuisi sedangkan otak kiri berkaitan dengan logika.

  • Pria sulit menemukan benda yang dicarinya
Tentu kita sering kesal ketika meminta suami mengambilkan sesuatu di kulkas. Benda yang cukup besar dan berada di depan hidungnyapun kadang tidak dapat dia temukan. Hal ini  dikarenakan mata wanita memiliki jangkauan pandang yang lebih luas dibandingkan dengan mata pria. Mata wanita dapat melihat sekitar 45 derajat ke kiri, kanan, atas dan bawah sedangkan mata pria bagaikan teropong yang dapat melihat dengan baik jika ia memandang lurus ke depan.

  • Wanita lebih baik dalam melihat warna
Pada mata wanita sel-sel kerucut yang berfungsi untuk membedakan warna jumlahnya lebih banyak daripada mata pria. Itulah sebabnya buta warna hanya terjadi pada pria. Pria kurang detail dalam mengungkapkan warna. Pria hanya menyebutkan warna merah, hijau, biru dan lain-lain, sedangkan wanita dapat menyebutkan warna hingga detail misalnya biru laut, hijau toska, merah jambu dan lain-lain.

  • Pria lebih pandai menyetir mobil
Kemampuan spasial pada otak pria lebih baik dibandingkan pada wanita. Itulah sebabnya pria lebih pandai mengemudikan kendaraan dibandingkan dengan wanita. Jadi bila istri kita menabrak pagar ketika memarkir mobil maka kita harus maklum dan jangan memarahinya. Walaupun demikian wanita adalah pengemudi yang lebih berhati-hati.

  • Wanita lebih cerewet
Kemampuan verbal wanita lebih baik dibandingkan dengan pria. Jadi wajar bila pria sering kalah bila berdebat dengan wanita. Tetapi sisi negatifnya wanita lebih sering menggosip dibandingkan dengan pria.

  • Wanita seperti radar
Wanita bagaikan memiliki indera keenam. Wanita memiliki perasaan yang lebih halus untuk mengetahui perubahan kondisi di sekitarnya. Kelebihan ini membuat seorang bunda lebih dapat mengerti bayinya dibandingkan dengan sang ayah. Bunda dapat membedakan arti tangisan bayinya apakah si kecil lapar, sakit, atau mengantuk.

  • Pria sering tidak mendengarkan suatu pembicaraan
Hal tersebut terjadi karena pada masa puber saat remaja dulu, liang telinga pria mengalami pertumbuhan yang pesat dan dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan pendengaran sementara. Pria lebih baik dalam hal visual sedangkan wanita lebih baik dalam hal pendengaran.

  • Wanita lebih suka menyentuh dan disentuh
Dibandingkan dengan kulit pria, kulit wanita setidaknya 10 kali lebih sensitif terhadap sentuhan. Itulah sebabnya wanita lebih sering menyentuh pasangan, anak, serta temannya. Hormon oksitoksin membuat wanita senang disentuh.

  • Indera perasa
Indera perasa wanita lebih unggul dibandingkan dengan pria. Kita memiliki lebih dari 10.000 syaraf perasa yang terbagi menjadi 4 kelompok besar yaitu perasa asin dan manis di ujung lidah, asam di tepi lidah, dan pahit di belakang lidah. Pria lebih unggul dalam merasakan asin dan pahit, itulah sebabnya lebih banyak pria penikmat bir dibandingkan dengan wanita. Sebaliknya wanita lebih unggul dalam merasakan manis dan asam, menyebabkan wanita lebih menyukai coklat dan makanan asam manis dibandingkan dengan pria.

  • Indera penciuman dan rasa tertarik pada lawan jenis
Penciuman wanita meningkat pada saat ovulasi sel telurnya. Bahkan otak wanita dapat mendeteksi sistem imun pada tubuh pria tanpa disadari. Bila sistem imun (kekebalan tubuh) seorang pria lebih tinggi dibandingkan sistem imun dirinya maka otak wanita menganggap pria tersebut dianggap menarik.

  • Wanita bisa multitasking
Kebanyakan pria untuk melakukan suatu pekerjaan sering dalam kondisi sunyi atau serius tidak mau ada gangguan. Hal itu disebabkan karena otak pria hanya dapat fokus ke satu hal, sedangkan koneksi-koneksi syaraf pada otak wanita membuatnya dapat melakukan banyak hal sekaligus.

Nah, sekarang kita sudah lebih mengenal perbedaan antara pria dan wanita. Semoga informasi diatas bisa membantu kita semua dalam menghadapi pasangan kita.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal Perbedaan Antara Pria Dan Wanita"

Posting Komentar