5 Hal Pada Motor Yang Harus di Cek Saat Musim Hujan


Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa pada bulan Desember 2015, sebagian besar wilayah Indonesia mulai diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Karena itu bagi kalian pengendara motor, perlu mempersiapkan motornya agar bisa menghadapi musim hujan ini dalam keadaan prima.

Pasti menyebalkan sekali saat lagi di tengah hujan, tiba-tiba motor kita mogok di tengah jalan. Mau tidak mau kita akan mendorongnya ke pinggir jalan untuk mengecek penyebab mogoknya. Nah, untuk menghindari motor mogok di tengah hujan, maka kita perlu mengecek kondisi motor kita sebelum kita mengendarainya.

Pada kendaraan, ada kemungkinan beberapa komponen sudah tidak layak pakai dan memerlukan perbaikan atau penggantian akibat penggunaan di bulan kemarau yang cukup panjang. Pada saat hujan jalanan menjadi licin dan jika kondisi motor kita tidak prima, maka kita bisa selip di jalanan alias jatuh. Pasti kamu tidak mau mengalaminya kan?

5 Hal Pada Motor Yang Harus di Cek Saat Musim Hujan

Apa saja sih yang sebaiknya harus di cek pada motor kita di musim hujan ini? Berikut 5 Hal Pada Motor Yang Harus di Cek Saat Musim Hujan:

1. Oil Seal and Dust Seal

Seal pada kendaraan berperan penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak, maka dapat menyebabkan air masuk ke area bearing atau bantalan roda. Akibatnya dapat timbul korosi yang bisa membuat bearing oblak atau berputar secara tidak normal.

2. Ban

Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Salah satu indikatornya adalah keausan permukaan ban. Jika sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang, sehingga dalam kondisi jalanan basah dapat menyebabkan pengendalian motor menjadi sulit, dan bisa menyebabkan pengendara jatuh. Saat melakukan penggantian ban, pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.

3. Cap Supressor (tutup busi)

Tutup busi berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melintasi genangan air. Jika karet yang terdapat pada tutup busi sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan baik. Penggantian tutup busi bisa kita lakukan di bengkel resmi agar pemasangannya tepat.

4. Rem

Komponen sepeda motor paling vital ini jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa. Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi.

Lakukan penggantian segera jika rem sudah terindikasi harus diganti. Karena berkendara saat hujan membutuhkan handling pengendaraan yang baik. Jika kampas rem sudah aus, ketika akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan akan lebih sulit.

5. Lampu

Lampu yang terdapat pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai. Jika salah satu lampu tidak berfungsi akan sangat membahayakan pengendara tersebut maupun pengendara lainnya. Apalagi di saat hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.

Itu tadi 5 Hal Pada Motor Yang Harus di Cek Saat Musim Hujan. Kini kamu sudah tahu kan? Dengan melakukan hal tersebut diatas, maka dengan begitu sepeda motor kamu dijamin akan selalu prima sehingga kamu lebih aman dalam berkendara di jalanan pada musin hujan seperti saat ini.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "5 Hal Pada Motor Yang Harus di Cek Saat Musim Hujan"

Posting Komentar