Tips Merawat Baju Batik Agar Selalu Baru


Baju batik adalah baju khas Indonesia dan keberadaannya telah diakui oleh dunia bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia. Pasti kamu juga memiliki baju batik. Biasanya kita memakai baju batik saat ada acara-acara formal, acara khusus, sekolah, atau kerja.

Seperti yang kita tahu, semakin sering baju batik dikenakan maka akan semakin mudah lusuh, kotor dan warnanya juga pudar. Lantas bagaimana caranya agar baju batik tidak mudah lusuh dan terlihat seperti selalu baru? Nah, dari pengalaman saya sendiri dan dari beberapa sumber yang saya baca di internet, ada beberapa cara khusus merawat batik agar terlihat selalu baru.

Tips Merawat Baju Batik Agar Selalu Baru

Tips merawat baju batik agar selalu baru

  • Mencuci
Saat mencuci baju batik, pastikan untuk mencucimya terpisah dari baju-baju lainnya. Bila perlu gunakan sabun khusus untuk mencuci baju batik. Dengan cara mencuci ini baju batik akan terlihat selalu baru dan tidak mudah lusuh, kotor ataupun luntur.

  • Mengeringkan
Jika sudah dicuci dengan bersih, maka keringkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kamu bisa mengeringkan batik dengan diangin-anginkan. Hindari juga mengeringkan baju batik di dalam mesin cuci (pakai pengering). Mencuci dan mengeringkan baju batik di mesin cuci justru akan membuat baju batik cepat rusak.

  • Menyetrika
Kalau sudah kering dan hendak disetrika, maka usahakan untuk menyetrikanya dengan cara yang benar. Jangan menyetrika secara langsung karena hal ini bisa membuat warna batik menjadi pudar. Semprot kain batik dengan air lalu letakkan kain di atasnya. Setelah itu kamu bisa menyetrikanya. Hal ini akan membuat baju batik kamu tidak lusuh dan warnanya tidak mudah pudar.

  • Memakai parfum pada baju batik
Agar batik tidak mudah lusuh dan warnanya tidak mudah pudar, hindari menyemprotkan parfum secara langsung ke baju batik kamu. Jika memang ingin memakai parfum, maka gunakan di badan. Selain wangi khas batik akan tahan lama, menyemprotkan parfum di badan akan membuat baju batik dan baju kamu yang lain terlihat seperti baru.

  • Menyimpan baju batik
Simpan batik di tempat yang kering dan bersih. Lipat atau gantung dengan rapi bersama baju yang lain. Hindari menyimpan baju batik di tempat yang lembab apalagi basah. Bila perlu kamu bisa simpan baju batikmu di wadah plastik khusus untuk menyimpan baju.

Oke, itu tadi cara merawat baju batik yang bisa kamu lakukan di rumah. Memang sih, agak ribet dan butuh kesabaran ekstra untuk merawat baju batik. Namun ketika kamu melakukannya dengan baik maka kamu akan mendapatkan baju batikmu yang terlihat selalu baru meski telah kamu pakai berulang kali. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Merawat Baju Batik Agar Selalu Baru"

Posting Komentar