8 Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya


Surga adalah tempat yang dijanjikan Allah SWT sebagai balasan atas ketaqwaan yang dilakukan manusia selama menjalani kehidupan di dunia. Dalam Al-Quran digambarkan bahwa di dalam Surga mengalir sungai-sungai, buah-,dan bidadari-bidadari yang hidup kekal di dalamnya.

Sesungguhnya surga itu memiliki pintu-pintu yang dikhususkan untuk golongan tertentu. Setiap pintu akan memanggil orang-orang yang memiliki keistimewaan sesuai dengan amalannya. Jarak antara daun pintu ke daun pintu surga lainnya adalah sepanjang perjalanan empat puluh tahun. Apabila nanti telah terbuka, maka akan terus dibiarkan terbuka tidak sebagaimana pintu neraka, akan langsung ditutup rapat bagi yang memasukinya.

"Di dalam surga terdapat delapan pintu, di antaranya adalah Ar Rayyan. Tidak ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa" (HR Bukhari Muslim).

Berikut ini 8 Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya, dimana delapan pintu surga tersebut terbuat dari emas yang ditaburi jauhar:

8 Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya

1. Pintu Pertama

Pada pintu pertama bertuliskan "Laa illa ha illallah muhammadurrosullullah" yaitu pintunya para Nabi dan Rosul, termasuk pintunya para suhada dan para dermawan.

2. Pintu Kedua

Pintu kedua adalah pintu untuk orang  yang rajin sholat, orang yang memperbaiki wudhunya, dan meyempurnakan rukun shalatnya.

"Tidaklah seorang Muslim berwudhu, lalu memperbagus wudhunya, lalu ia melakukan sholat dua rokaat dengan sepenuh hati dalam dua rakaat tersebut menghadapkan hati dan wajahnya, melainkan surga pasti berhak didapatkan. Akupun berkata: Betapa bagusnya hal ini. Tiba-tiba ada seseorang yang berbicara di hadapanku. la mengatakan bahwa sabda beliau yang sebelum itu lebih menarik lagi. Akupun melihatnya, ternyata ia adalah Umar. la berkata: Sungguh, aku lihat engkau ini baru saja datang. Rosul telah bersabda: Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu, lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian ia berdoa: asyhadu anla ilaha illalloh wa anna Muhammadan ‘abdullohu wa rosuluh, melainkan akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan. la bisa masuk dari pintu manapun yang ia suka" (HR. Muslim)

4. Pintu Keempat

Pintu ketiga adalah pintu bagi orang yang memerintahkan pada kebaikan dan melarang kemungkaran. Untuk memasuki pintu surga itu kita harus melakukan amal shaleh.

"Bagi setiap orang yang beramal terdapat sebuah pintu khusus di surga yang dia akan dipanggil melalui pintu tersebut karena amal yang telah dilakukannya" (HR.Ahmad dan Ibnu Abi Syaibah).

5. Pintu Kelima

Pintu surga kelima adalah pintu bagi orang-orang yang memutuskan nafsu syahwatnya, juga mencegah hawa nafsunya. Oleh sebab itu, orang yang bisa menahan dan menjaga syahwatnya menjadi karakter muslim yang pasti mendapat jaminan masuk surga.

Rasulullah SAW bersabda, "Jika seorang wanita menjaga shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya maka dikatakan kepada wanita tersebut : Masuklah ke surga dari pintu mana saja sesuai yang engkau kehendaki".

Baca Juga ------- Ciri-Ciri Penghuni Surga -------

6. Pintu Keenam

Pintu keenam adalah pintunya orang yang berhaji dan umroh. Bila ingin masuk surga lewat pintu haji dan umroh, maka kita harus menunaikan ibadah haji dan umroh.

"Barangsiapa menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun, menegakkan shalat, menunaikan zakat, mendengar dan taat (kepada perintah Allah SWT), niscaya Allah SWT akan memasukkannya lewat pintu surga manapun yang ia maui. Dan pintu surga itu ada delapan.  Salah satunya adalah pintu  haji dan umroh. Dan pahala bagi haji mabrur adalah surga, sedangkan pahala dari umroh ke umroh berikutnya adalah penghapus dosa diantara keduanya" (HR.Bukhori dan Muslim).

7. Pintu Ketujuh

Pintu ketujuh adalah pintunya orang yang berjihad.

"Barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, niscaya ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: Wahai hamba Allah, ini adalah kebaikan. Barangsiapa termasuk orang yang giat mengerjakan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barangsiapa termasuk orang yang berjihad, ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa termasuk orang yang rajin berpuasa, ia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan. Dan barangsiapa termasuk orang yang gemar bershadaqah, maka ia akan dipanggil dari pintu shadaqah" (HR.Bukhari dan Muslim).

8. Pintu Kedelapan

Pintu yang kedelapan ini dikhususkan kepada orang-orang yang menjaga puasanya. Dalam hadistnya Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa mereka yang menjaga puasanya akan dipanggil dari pintu ar-Rayyaan.

Baca Juga ---------- Angka 13 Menunjuk Surga Allah SWT ------------

Demikianlah 8 Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita termasuk dalam salah satu manusia yang dipanggil oleh salah satu pintu surga. Amin ya rabbal'alamin.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Pintu Surga dan Golongan Yang Memasukinya"

Posting Komentar