Waspada Bakteri Listeria di Kulit Melon


Listeria monocytogenes atau lebih dikenal bakteria listeria, merupakan penyebab utama penyakit listeriosis. Salah satu penyakit bawaan dari makanan ini dianggap penyakit parah dan paling serius.

Dilansir situs resmi WHO (Badan Kesehatan Dunia), listeriosis adalah penyakit yang relatif jarang terjadi, dengan kemungkinan 0,1 hingga 10 kasus per 1 juta orang per tahun, tergantung pada negara dan wilayah di dunia. Meskipun jumlah kasus listeriosis kecil, tingkat kematian yang tinggi terkait infeksi ini membuatnya menjadi masalah kesehatan masyarakat yang signifikan.

Bakteri listeria ini kalau masuk ke dalam pencernaan kita, bisa menyebabkan kematian. Kuman ini biasanya ada di tanah dan makanan ternak yang berasal dari daun-daunan atau dari pupuk. Ketika terinfeksi bakteri listeria, gejala yang muncul seperti diare, mual, otot pegal, dan demam. Biasanya gejala ini dirasakan beberapa saat setelah kita makan makanan yang terkontaminasi kuman tersebut.

Kalau infeksi menyebar ke sistem saraf, kita akan merasakan gejala lebih serius seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang. Inilah yang disebut listeriosis dan tercatat berujung fatal bagi 20 persen orang yang mengalaminya. Listeriosis paling sering menyerang orang yang berusia anak-anak, manula, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.


Waspada Bakteri Listeria di Kulit Melon

Di Australia pernah terjadi kasus kematian seseorang setelah makan buah melon yang terkontaminasi bakteri listeria. Bakteri tersebut menempel di kulit melon dan tumbuh pada pori-pori di permukaan kulit melon.

Jadi biasakan mencuci melon sebelum dipotong, karena dikhawatirkan ada bakteri listeria yang ikut termakan dan masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Mencuci melon harus benar, memotong dan mengolahnya juga harus benar, supaya aman dan tidak terkontaminasi bakteri listeria dan bakteri lainnya.

Berikut ini cara mencuci dan memotong melon yang benar:

  • Cuci melon dengan air mengalir
  • Gunakan sabun khusus untuk buah
  • Sikat seluruh permukaan kulit
  • Bilas buah hingga bersih
  • Keringkan dengan lap bersih
  • Siapkan alas memotong atau talenan yang bersih
  • Pastikan pisau untuk memotong juga bersih
  • Setelah dipotong-potong, cuci melon dengan air minum. 
  • Melon siap dimakan.

Demikianlah penjelasan mengenai bakteri listeria yang ternyata bisa ada dan tumbuh di kulit melon. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Waspada Bakteri Listeria di Kulit Melon"

Posting Komentar