Inilah 6 Hacker Remaja Yang Hebohkan Dunia


Hacker atau peretas adalah seseorang yang memiliki skill tinggi dan sangat mahir dalam menembus sistem keamanan dari suatu jaringan.

Kebanyakan orang yang memiliki skill hacking adalah kalangan dewasa, dan itu pun tidak semua orang dewasa memilikinya, dan jika memilikinya pun belum tentu mahir.

Ternyata ada juga hacker-hacker yang masih berusia remaja. Bahkan mereka mampu menghebohkan dunia maya karena aksi mereka. Di antara mereka ada yang mampu membobol CIA, FBI, dan situs-situs yang dikenal memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan ketat.

Siapa saja mereka? Berikut ini 6 Hacker Remaja Yang Hebohkan Dunia:

Inilah 6 Hacker Remaja Yang Hebohkan Dunia

1. Ryan Cleary & Jake Davis (pembobol CIA & Pentagon)

Tahun 2011, dua orang remaja Inggris menjadi perhatian luas dari publik. Mereka adalah Ryan Cleary yang saat itu baru berusia 20 tahun, serta Jake Davis yang baru berumur 19 tahun. Keduanya melancarkan aksi serangan ke website CIA, Pentagon, Sony, dan Nintendo.

Mereka juga berhasil membobol website media ternama Inggris, The Sun. Headline The Sun mereka ganti yang mengabarkan berita hoax bahwa pemilik media itu, Rupert Murdoch meninggal dunia.

Kepolisian Inggris Scotland Yard dan FBI bekerja sama untuk memburu keduanya. Akhirnya keduanya berhasil ditangkap, dan sudah dijatuhi hukuman. Cleary diganjar 32 bulan penjara dan Davis dua tahun penjara.

2. DJ Stolen (pencuri lagu penyanyi dunia)

Tahun 2011, seorang hacker yang menamakan dirinya DJ Stolen menjadi pemberitaan besar. Dia yang masih berusia 18 tahun, menjebol komputer para penyanyi terkenal. Dia berhasil mencuri lagu Lady Gaga, Kesha, Leona Lewis, Justin Timberlake, dan Mariah Carey yang belum dirilis ke publik. Kemudian lagu itu dijual di internet. Bahkan dia juga berhasil mencuri foto mesum dari komputer Kesha.

Sang hacker berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman. Pengadilan kota Duisburg Jerman menilai, bahwa sang remaja hanya berniat unjuk gigi dan tidak punya motif kriminal. Namun dia tetap dihukum penjara selama 18 bulan dan juga harus menjalani terapi kecanduan internet.

3. Nicholas Allegra (pembobol iPhone)

Tahun 2011, Nicholas Allegra seorang remaja 19 tahun, berhasil membobol sistem coding Apple dan mengeksploitasinya, sehingga memungkinkan user menginstall aplikasi apapun tanpa batasan.

Nicholas pun merilis kode yang dinamakan JailBreakMe yang memungkinkan user terbebas dari batasan yang dilakukan Apple di iPhone dan iPad. Praktek yang disebut sebagai jailbreak itu sempat meresahkan Apple. Sebanyak 1,4 juta user sempat memakai software Nicholas.

Meski mengesalkan Apple, aksi Nicholas mendapat pujian dari beberapa pihak. Seperti dari Charlie Miller, mantan analis di National Security Agency (NSA). Kabarnya, saat ini dia direkrut oleh Google.

4. George Hotz (pembobol Playstation 3)

George Hotz pernah membobol proteksi iPhone pada di tahun 2007. Kala itu, usianya baru 17 tahun. Dia juga menembus sistem keamanan PlayStation 3, sehingga membuat pihak Sony mengajukan tuntuan hukum. Banyak gamer PlayStation 3 yang menggunakan software ilegal untuk mengakses PlayStation Network.

Imbasnya, sang hacker pun dilarang mengoprek produk-produk Sony seumur hidupnya. Kepintarannya sempat membuatnya bekerja di Facebook. Tapi belakangan ini dia keluar dan memilih bekerja di sebuah start up yang didanai Lady Gaga.

5. Whang Zhengyang (membobol toko online)

Bocah berusia 13 tahun bernama Whang Zhengyang ini dijuluki anak ajaib, karena mampu melakukan pembobolan sistem komputer. Dia dilaporkan membobol sistem komputer di sekolahnya untuk mencari jawaban pekerjaan rumah. Juga pernah menjebol sebuah toko online, lalu menurunkan harga barang di situ. Dari yang semula 2500 yuan menjadi hanya 1 yuan.

Whang pun didapuk menjadi pembicara di tahun 2014, Chinese Internet Security Conference di Beijing. Dia menyatakan akan menggunakan kepintarannya untuk tujuan baik, bukan merusak. Membobol sistem komputer dilakukannya hanya untuk mencari kelemahan dan memperbaikinya.

6. Wildan Yani Ashari (pembobol situs Presiden SBY)

Wildan Yani Ashari yang berusia 22 tahun, menghebohkan Indonesia dengan pembobolan situs Presiden SBY. Wildan juga mengaku telah berhasil menghack lebih dari 5000 situs di Indonesia. Wildan mengaku hanya iseng saja dan ingin mengganti tampilannya saja. Akhirnya Pengadilan Negeri Jember memberikan hukuman 6 bulan penjara untuknya.

Nah, itu tadi 6 Hacker Remaja Yang Hebohkan Dunia. Semoga informasi ini bermanfaat, agar kita semua berhati-hati dan memperhatikan keamanan situs pribadi kita.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 6 Hacker Remaja Yang Hebohkan Dunia"

Posting Komentar