Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia


Lebaran atau hari raya Idul Fitri, adalah saat yang paling dinanti di penghujung bulan Ramadhan.

Setelah 30 hari lamanya melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, umat islam merayakan hari raya Idul Fitri sebagai tanda kemenangan. Biasanya banyak kemeriahan dan kebersamaan yang terjadi di hari lebaran.

Dalam menyambut lebaran, berbagai daerah di Indonesia selalu menggelar berbagai tradisi yang unik dan meriah. Tradisi unik ini selalu dilakukan saat lebaran tiba. Hal inilah yang membuat banyak orang yang hidup di kota-kota besar, ingin memilih merayakan lebaran di kampung halaman alias mudik.

Berikut ini 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia, yang membuat suasana lebaran di kampung halaman menjadi lebih meriah, semarak, dan menyenangkan:

1. Meriam Karbit di Pontianak

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Festival ini sudah menjadi tradisi khusus di Pontianak. Di mana saat malam takbiran, ratusan meriam yang terbuat dari bambu dan diberi karbit dijejerkan di pinggir Sungai Kapuas. Meriam-meriam itu lalu disulut sehingga tampak seperti perang. Festival meriam karbit itu sendiri digelar untuk mengenang pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurahman Alkadri. Saat ini, pemerintah kota Pontianak mengemas tradisi itu menjadi festival di Pelabuhan Sangie Pontianak.

2. Meugang di Aceh

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Meugang adalah tradisi turun temurun di Aceh, yakni memasak daging yang kemudian dibagikan kepada kaum dhuafa, serta dimakan bersama-sama keluarga. Meugang juga bisa dilakukan secara berkelompok, dengan menyembelih sapi atau kambing. Meugang dilakukan di kampung-kampung, pelosok-pelosok, bahkan di perkotaan Aceh. Meugang biasanya dilakukan di masjid-masjid. Tradisi ini sekaligus menguatkan ikatan antar warga di Aceh.

3. Grebeg Syawal dan rebutan gunung lanang di Yogyakarta

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Tradisi Grebeg Syawal juga ada di beberapa daerah di Jawa Tengah. Grebeg Syawal merupakan tradisi keraton Yogyakarta dalam memperingati lebaran atau 1 Syawal. Tradisi turun temurun ini diawali dengan keluarnya Gunungan Lanang (Kakung) dan dibawa ke Mesjid Gede Keraton Nyayogyakarta untuk didoakan.

Gunung Lanang tersusun dari sayuran, buah-buahan dan hasil bumi lainnya. Gunungan ini akan dikawal oleh prajurit keraton. Setelah selesai didoakan, warga akan berebut untuk mendapatkan isi gunungan. Mereka percaya jika memperoleh sayuran, buah-buahan, dan hasil bumi lainnya dari gunungan tersebut, akan mendapat berkah dan ketentraman.

4. Ronjok Sayak atau bakar gunung api di Bengkulu

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Tradisi Ronjok Sayak atau bakar gunung api ini, sudah dilakukan oleh Suku Serawai sejak ratusan tahun lalu. Tradisi ini dilakukan pada malam takbiran, dan dilakukannya di depan rumah setiap warga. Menggunakan batok kelapa yang disusun seperti tusuk sate hingga menjulang. Batok kelapa yang sudah disusun di depan rumah warga itu lalu dibakar. Karena tradisi ini juga disebut bakar gunung api, maka waktu pembakarannya serentak selepas salat isya.

5. Pawai Pegon di Jember Jawa Timur

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Warga Jember selalu menyelenggarakan Pawai Pegon atau pedati (kereta yang ditarik sapi), di hari ketujuh lebaran. Tradisi ini dimulai dengan menghias puluhan hingga ratusan pedati dengan janur kuning. Warga lalu beramai-ramai naik pedati menuju pesisir pantai. Setibanya di pantai Watu Ulo, warga lalu bersama-sama menyantap ketupat. Tradisi ini juga untuk melestarikan pegon atau pedati yang semakin tersisihkan oleh transportasi modern.

6. Bedulang  atau makan begawa di Bangka

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Usai bermaaf-maafan, masyarakat Bangka memiliki tradisi Bedulang atau makan begawa yang berarti makan bersama. Tradisi ini unik karena penyajiannya dengan dulang atau tudung saji. Makan Bedulang tidak boleh menggunakan sendok, sehingga diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Mencuci tangan juga ada aturannya sendiri, yaitu orang paling tua harus mendapat urutan pertama, dan yang muda mendapat giliran paling akhir. Satu Bedulang berisi berbagai lauk pauk menggugah selera lengkap dengan nasi merah, buah, dan jus.

7. Tumbilotohe di Gorontalo

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Tumbilotohe adalah tradisi pasang lampu minyak sebagai tanda bakal berakhirnya bulan suci Ramadhan di Gorontalo. Dilaksanakan pada tiga malam terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini sudah berlangsung sejak abad XV yang terus dipertahankan hingga sekarang.

Lampu-lampu minyak yang dipasang di tanah lapang, disusun dengan berbagai formasi hingga membentuk gambar masjid, kitab suci Al qur'an, dan kaligrafi yang mempesona. Kota Gorontalo akan menjadi sangat terang benderang.

8. Perang Topat di Pulau Lingsar, Lombok Barat

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Perang Topat atau perang ketupat berlangsung sekitar seminggu setelah Lebaran. Tradisi tersebut merupakan ritual turum temurun di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ciri khasnya tentu saja perang ketupat atau saling melempar ketupat.

Setelah berdoa dan berziarah, masyarakat melaksanakan Perang Topat di Makam Loang Baloq di kawasan Pantai Tanjung Karang dan Makam Bintaro di kawasan Pantai Bintaro. Uniknya, prosesi lempar ketupat tersebut merupakan simbol kerukunan umat Hindu dan Islam di Lombok. Karena peserta adu lempar ketupat tersebut berasal dari kedua umat tersebut.

9. Pukul Sapu di Maluku Tengah

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Warga Desa Morella dan Desa Mamala, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, selalu berkumpul di halaman Masjid Besar pada hari ketujuh Lebaran. Mereka ingin menyaksikan tradisi Pukul Sapu yang biasanya dilakukan perwakilan kelompok pria dari masing-masing desa. Mereka akan saling menyabetkan lidi enau ke badan lawan. Pukul Sapu berlangsung selama sekitar 30 menit. Sabetan-sabetan lidi itu terkadang mengakibatkan sobek dan luka berdarah pada kulit.

10. Batobo di Riau

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Warga Kampar, Riau, mempunyai tradisi Batobo yang masih dilestarikan hingga sekarang. Saat ada rombongan pemudik yang datang, akan dilakukan upacara penyambutan dengan cara mengarak pemudik menggunakan rebana menuju tempat buka bersama. Setelah usai acara Batobo, akan dilanjutkan dengan pengajian dan lomba baca Al Qur’an saat malam hari. Acara ini adalah ajang melepas rindu dan momen mempererat silaturahmi dengan keluarga dan tetangga.

11. Ngejot di Bali

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Walaupun penduduknya sebagian besar beragama Hindu, perayaan lebaran di Bali juga cukup ramai dengan tradisi Ngejot. Tradisi Ngejot dilakukan oleh umat Muslim di Bali dengan membagi-bagikan makanan kepada semua warga sekitar tanpa membeda-bedakan agama yang dianutnya. Tradisi ini tetap dilestarikan dan dilakukan setiap tahunnya untuk menciptakan keharmonisan antar umat beragama di Bali.

12. Harus Makan di Papua

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Jika anda akan berlebaran di Papua, maka anda harus menyiapkan perut kosong. Karena setiap anda berkunjung ke rumah kerabat di sana, maka anda harus ikut menyantap hidangan khas lebaran yang disediakan oleh tuan rumah. Jika tidak makan, maka anda akan di cap tidak sopan. Bayangkan jika anda berkunjung ke banyak kerabat, berapa banyak makanan yang anda makan? Perut anda dipastikan kekenyangan hingga malas berjalan pulang.

13. Ilo Sanggari di Dompu, Nusa Tenggara Barat

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Warga Dompu menyambut hari lebaran dengan membakar Ilo Sanggari atau lentera. Warga percaya bahwa dengan membakar Ilo Sanggari, akan mengundang malaikat dan roh leluhur yang akan memberikan berkah di hari lebaran keesokan harinya.

14. Kenduri Lebaran di Katapang, Kalimantan Barat

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Tradisi Kenduri Lebaran adalah tradisi berkunjung ke rumah kerabat lalu membacakan doa dirumahnya. Kegiatan ini biasa diiringi dengan ketupat colet, yaitu cara memakan ketupat yang berbeda dengan biasanya. Ketupat yang sudah dipotong-potong tidak boleh dimakan menggunakan sendok dan lauk pauk, melainkan dicolet.

15. Binarundak atau makan nasi jaha di Sulawesi Utara

Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia

Masyarakat Sulawesi Utara merayakan lebaran dengan makan nasi jaha, yaitu nasi yang terbuat dari beras ketan, jahe, dan santan. Tradisi ini dilakukan pada hari ketiga Lebaran. Semua rumah pasti memasak nasi jaha, untuk dimakan bersama-sama anggota keluarga.

Nah itulah Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia. Sangat unik bukan? Dan mungkin belum pernah anda lihat atau rasakan. Semoga di tahun ini, bisa menjadi lebaran yang lebih bermakna dari tahun kemarin.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 15 Tradisi Unik Menyambut Lebaran Di Indonesia"

Posting Komentar