Inilah 8 Cara Atasi Pilek Tanpa Obat


Cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang panas, biasanya penyakit yang mudah menyerang kita adalah pilek. Penyakit ini dapat dengan mudah dan cepat menginfeksi siapa saja, karena penularannya bisa dari udara bahkan lewat sentuhan.

Sebenarnya penyakit ini bisa sembuh sendiri, kita hanya perlu istirahat dan mendapat nutrisi yang cukup. Agar pilek segera reda, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah Inilah 8 Cara Atasi Pilek Tanpa Obat:

1. Menghirup uap panas

Sekumpulan virus dan respons kekebalan tubuh yang kurang baik, menyebabkan gejala pembengkakan saluran hidung dan lapisan sinus. Hal itu menyebabkan kita bersin, pilek, dan mata sakit.

Uap adalah pilihan yang baik untuk meredakan pilek. Caranya, hirup uap dari semangkuk air panas. Kita juga bisa memberi tetesan minyak tumbuhan, seperti minyak kayu putih atau minyak hangat lainnya. Penambahan minyak hangat ke dalam air panas ini akan membuat hidung yang pilek menjadi lebih lega.

2. Minum minuman hangat

Minuman hangat bekerja dengan sangat baik untuk meredakan pilek. Suatu studi menemukan, efek dari minum minuman hangat akan menimbulkan aliran udara hidung yang tersumbat. Hidung yang pilek akan mengalami penurunan derajat penyumbatan, sehingga menjadi lebih segar. Minuman hangat ini juga membuat batuk dan sakit tenggorokan lebih ringan.

3. Makan sup ayam atau kari

Sup buatan sendiri sangat baik untuk semua hal, terutama jika menggunakan daging ayam. Saat memakan sup ayam hangat, hidung akan menghirup uap aromatik, sehingga membuat hidung lebih lega. Sup ayam juga membuat tubuh terhidrasi dan memberi kenyamanan.

Para ahli berpendapat, bahwa daging ayam memiliki sifat anti-virus, terutama jika kulitnya tertinggal. Pada tahun 2000, para ilmuwan di University of Nebraska Medical Center di Omaha menemukan bahwa beberapa komponen sup ayam menghambat migrasi neutrofil, yang mungkin memiliki anti-virus.


Inilah 8 Cara Atasi Pilek Tanpa Obat

4. Lebih santai

Bersantai saat terkena pilek adalah hal yang bagus. Karena hal ini membuat kita rilek dan membuat imunitas meningkat. Kita bisa mengambil cuti kerja atau libur sekolah, untuk beristirahat di rumah dan bersantai sejenak. Selain akan membuat pilek lebih cepat sembuh, juga membuat teman-teman kita lebih aman dari tertularnya penyakit ini.

5. Perbanyak minum air

Ketika tubuh melawan infeksi virus, saat itu juga kita mengalami dehidrasi. Untuk itu saat terkena pilek, hendaknya minum air dalam jumlah cukup. Cairan yang cocok adalah air mineral.

6. Minum madu

Minum madu sangat efektif saat pilek. Sebab madu bisa membantu daya tahan tubuh. Jika diminum secara rutin, madu menghasilkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh, serta dapat mencegah panas dalam. Jika diberikan pada malam hari menjelang tidur, madu lebih efektif untuk meredakan batuk dibanding sirup obat batuk, serta membantu kita tidur lebih nyenyak.

Dosis pemberian madu sama seperti obat batuk, yaitu ½ sendok teh untuk usia 1-5 tahun, 1 sendok teh untuk usia 6-11 tahun, serta 2 sendok teh untuk usia 12 ke atas. Perlu diingat, madu tidak disarankan untuk bayi di bawah 1 tahun, karena berisiko menyebabkan botulisme (sejenis keracunan).

7. Berkumur dengan garam fisiologis

Dalam studi yang diterbitkan International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, disebutkan bahwa garam memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. Kita bisa membuat sendiri larutan garam dengan cara melarutkan ½ - 1 sendok teh garam ke dalam setengah liter air hangat.

8. Bawang

Bawang juga dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah lubang hidung, dan hiruplah aromanya selama sekitar lima menit. Mengkonsumsi bawang putih mentah, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, itu tadi Inilah 8 Cara Atasi Pilek Tanpa Obat. Pilek yang normal biasanya akan sembuh setelah seminggu. jika kondisi anda memburuk atau menunjukkan gejala demam, maka segeralah berkonsultasi pada dokter.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 8 Cara Atasi Pilek Tanpa Obat"

Posting Komentar