Tips Tidak Mudah Sakit Di Musim Hujan


Musim hujan kembali melanda Indonesia. Akibatnya banjir tidak lagi bisa terelakkan. Selain menyebabkan beberapa aktivitas lumpuh, hujan dan banjir juga menimbulkan berbagai ancaman penyakit. Dengan menurunnya daya tahan tubuh dan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat, ada beberapa penyakit yang sebaiknya kita waspadai di musim hujan antara lain ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), diare, masuk angin, radang paru (pneumonia), kambuhnya penyakit kronis, flu, dan pilek.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan puncak musim hujan akan berlangsung pada bulan Januari dan Februari 2015. Cuaca sangat ekstrim dan hujan turun setiap hari. Walau demikian kita tidak perlu takut terhadap penyakit yang rutin menyerang tubuh di musim hujan. Ada tips-tips yang dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit musiman tersebut.

Tips Tidak Mudah Sakit Di Musim Hujan

Tips tidak mudah sakit di musim hujan

  • Makan sayur dan buah
Makan buah-buahan musiman seperti ceri dan aprikot adalah suatu keharusan di saat musim hujan. Tidak hanya itu, makan banyak sayuran hijau tidak boleh terlewatkan karena akan melindungi kita dari masalah infeksi dengan penyakit kronis.

  • Jauhi makanan pedas
Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan di musim hujan sangat mempengaruhi pencernaan kita. Sehingga diare menyerang kita karena pengaruh faktor makanan pedas yang berlebihanan tersebut.

  • Hindari makanan kaki lima
Semua orang pasti sepakat kalau makanan kaki lima dianggap mempunyai citarasa berbeda dan harganya murah meriah. Tetapi saat musim hujan sebaiknya dihindari dulu membeli makanan di pinggir jalan agar terhindar dari penyakit yang umum terjadi di musim hujan ini.

  • Biasakan minum hangat
Kalau musim panas enaknya minum es. Kalau di musim hujan kita harus membiasakan diri meminum minuman hangat yang dapat menstabilkan suhu tubuh. Misalnya kita dapat meminum teh, jahe, kopi atau sekedar air putih hangat.

Itu tadi beberapa tips tidak mudah sakit di musim hujan. Hujan bukan merupakan suatu penghalang untuk tetap beraktifitas. Menjaga pola makan dan menjaga daya tahan tubuh adalah faktor utama agar tetap sehat di musim hujan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips Tidak Mudah Sakit Di Musim Hujan"

Posting Komentar