Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Ngidam Saat Hamil


Kebanyakan ibu hamil akan merasakan keinginan untuk mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, yang disebut dengan ngidam. Terkadang hal ini menjadi pengalaman yang lucu dan tidak terlupakan. Seperti menginginkan makanan yang selama ini tidak disukai dan muncul di saat yang kurang tepat, seperti larut malam atau dini hari.

Selama ini masyarakat menganggap kalau ngidam cuma terkait kondisi psikologis. Malah tidak sedikit dari kita percaya mitos "nanti kalau ngidamnya tidak keturutan, maka anaknya ngences atau ngiler".

Ternyata ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ngidam saat hamil ini. Berikut ini penjelasannya:

Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Ngidam Saat Hamil

1. Perlindungan untuk ibu dan janin.


Semua makhluk hidup dirancang memiliki daya tahan tubuh. Jadi, semua benda asing akan ditolak oleh tubuh. Ketika ada janin di dalam tubuh ibu, janin tidak dikeluarkan. Akhirnya terjadi yang namanya morning sickness. Ketika mual, otomatis muntah, dan ibu kekurangan nutrisi. Penurunan nutrisi inilah yang menyebabkan ngidam.

2. Ngidam menekan pembentukan jaringan tubuh ibu dan janin.

Selama kehamilan, pastinya ada perubahan tubuh. Tentunya, butuh nutrisi untuk membantu sel-sel di tubuh membentuk jaringan baru di dalam maupun di janin, seperti jaringan lemak, jaringan penyusun kelenjar susu, dan jaringan penyusun plasenta. Saat ngidam, kadar Peptida Opioid Endogen (POE) dalam tubuh ibu hamil meningkat. POE ini berhubungan kuat dengan asupan makanan. Tidak cuma POE yang meningkat, beta endorfin, dan met enkafelin juga meningkat. Hal ini memicu ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang bisa memuaskannya.

Kedua teori di atas ini, merupakan paparan ilmiah yang menjelaskan terjadinya ngidam. Tetapi perlu diingat, ngidam itu boleh asal jangan ngidam makanannya yang itu-itu saja. Karena ibu hamil juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Jika asupan nutrisi tercukupi, maka risiko anak lahir dengan berat badan rendah bisa berkurang dan risiko kena penyakit pun kecil.

Kekurangan nutrisi juga bisa disebabkan pola makan selama hamil yang tidak bergizi, dengan porsi yang belum tentu seimbang sesuai kebutuhan ibu dan janin. Untuk itu, perlu adanya kontrol pola konsumsi dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat di saat hamil, termasuk saat ngidam.

Nah, itu tadi Penjelasan Ilmiah Ngidam Saat Hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para ibu yang sedang menikmati kehamilannya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Ngidam Saat Hamil"

Posting Komentar