Inilah 13 Jenis Baju Yang Tidak Boleh Masuk Mesin Pengering


Di musim hujan mesin pengering memang adalah penyelamat cucian. Baju menjadi lebih cepat kering dan hanya perlu diangin-anginkan sebentar saja setelah dicuci.

Sayangnya tidak semua baju bisa masuk ke dalam mesin pengering. Ada beberapa jenis pakaian yang tidak bisa dikeringkan menggunakan mesin pengering. Jika dipaksakan pakai mesin pengering, yang ada pakaian akan menjadi rusak. Ada yang berubah bentuk atau menyusut.

Sebelum mencuci baju, maka pastikan dulu memang bahan pakaianmu tersebut memang bisa masuk mesin cuci dan pengering. Jika tidak, sebaiknya kamu mencucinya sendiri dengan tangan dan mengeringkannya secara alami.

Berikut ini 13 Jenis Baju Yang Tidak Boleh Masuk Mesin Pengering. Daftar lengkap baju-baju yang tidak boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering. Jadi tidak hanya mencuci bersih tetapi juga merawat baju agar tetap layak dan nyaman dipakai.

1. Bra

Gerakan kasar pada mesin pengering dapat menyebabkan kain bra melar dan kehilangan bentuk aslinya. Karenanya cuci selalu bra secara manual dengan tangan, dan tidak menggunakan mesin.

2. Sifon

Baju dengan jenis kain chiffon alias sifon memang harusnya di dry clean saja. Hindari mencuci baju dengan mesin cuci agar tidak rusak.

3. Celana Ketat

Stocking atau legging juga tidak boleh dikeringkan dengan mesin pengering. Hal ini akan membuatnya menyusut dan membuatnya menjadi semakin sempit.


Inilah 13 Jenis Baju Yang Tidak Boleh Masuk Mesin Pengering

4. Baju Renang

Baju renang berbahan spandek juga sebaiknya dicuci secara manual dengan tangan. Mesin pengering akan membuatnya rapuh dan mudah rusak.

5. Baju Dengan Aksesoris


Baju dengan sequins, bebatuan, manik-manik, dan juga aksesoris lainnya, sebaiknya dicuci manual dan tidak dikeringkan menggunakan mesin. Mesin cuci atau pengering hanya akan membuat baju ini rusak, tidak jarang aksesoris pada baju akan lepas.

6. Suede

Baju berbahan suede tidak boleh dicuci dengan mesin cuci atau pengering. Kedua mesin tersebut akan merusak warna dan tekstur kain suede. Mesin pengering adalah cara tercepat membuatnya hancur.

7. Kulit Tiruan

Bahan kulit tiruan alias plather akan meleleh terkena panas pengering. Jadi pastikan baca tag panduan mencuci di setiap pakaian.

8. Baju Berenda atau Lace

Kain renda-renda pasti sangat cantik bukan? Nah, jangan kamu rusak sia-sia dengan memasukkan dalam mesin cuci dan pengering.

9. Sutra

Pakaian dari sutra sebaiknya dicuci dengan tangan, itu pun juga harus dengan sangat hati-hati.

10. Beludru

Tekstur yang khas dari beludru akan rusak jika kamu nekat memasukkannya di mesin pengering.

11. Rayon

Rayon juga bahan yang akan menyusut ketika masuk pengering. Jadi sebaiknya kamu mencuci baju rayonmu dengan benar agar tidak rusak.

12. Wol

Pakaian yang berbahan wol baik itu selimut, sweater, dan lain sebagainya, juga seharusnya tidak dimasukkan ke mesin pengering. Kain Wol yang dimasukkan ke mesin pengering akan cepat kendur hingga merubah bentu terutama pada jahitannya.

13. Brokat

Pakaian dengan bahan brokat biasanya akan membuat pemakai lebih terlihat feminim dan anggun. Meski begitu perawatan pada kain ini tentu tidak mudah. Sebaiknya tidak memasukkan kain jenis ini ke mesin cuci terutama pada pengering agar jahitan dan motif tidak mudah rusak.

Nah, itu tadi adalah 13 Jenis Baju Yang Tidak Boleh Masuk Mesin Pengering. Sebisa mungkin cuci manual atau serahkan saja pada ahlinya (laundry atau dry cleaning service) agar baju kesayangan tidak mudah rusak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 13 Jenis Baju Yang Tidak Boleh Masuk Mesin Pengering"

Posting Komentar