4 Hal yang menarik dari hidung kita


Hidung merupakan indera penciuman yang sangat tajam, tidak hanya itu hidung merupakan indera pernafasan. Hidung mempunyai karakteristik yang sangat menarik, jadi hidung yang menarik tidak hanya pada mancungnya saja, tapi ada fakta-fakta menarik yang mungkin belum kita ketahui. Berikut adalah fakta menarik mengenai hidung .

4 Hal yang menarik dari hidung kita

1. Hidung mendeteksi 1 triliun jenis aroma

Menurut penelitian di rockefeller university, new york mengungkapkan bahwa hidung memiliki 400 reseptor yang bisa mengidentifikasi sedikitnya satu triliun aroma yang berbeda. Ini adalah salah satu hal yang menarik dari hidung.

2. Hidung bisa mencium emosi

Tidaklah hanya wangi-wangian atau aroma yang dapat tercium oleh hidung. Ternyata emosi pun dapat tercium oleh hidung. Hidung bisa mendeteksi berbagai macam emosi dengan mencium senyawa kimia yang dikeluarkan tubuh ketika emosi.

3. Cara hidung bersin

Pernahkah anda memperhatikan orang bersin, pernahkah anda melihat gaya bersin setiap orang berbeda ? Nah jika iya memang itu benar bahwasanya setiap orang memiliki gaya bersin yang berbeda – beda . Cara bersin dari hidung seseorang memang sedikit banyak cara bersin dipengaruhi oleh faktor genetik. Dan sebuah studi juga menunjukan bahwa gaya bersin seseorang mungkin merupakan kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi. Contohnya seperti menutup hidung saat bersin, bersin dengan suara keras dan lain – lain. Hal menarik selanjutnya dari hidung kita adalah.

4. Hidung memiliki pelindung

Anda tahu ingus atau lendir yang ada di hidung ?  Memang ingus atau lendir terlihat menjijikkan akan tetapi sesungguhnya ingus atau lendir merupakan fungsi yang sangat penting. Ketika udara masuk melalui hidung maka, cairan kental pada hidung akan membuat lapisan dan menghalangi debu dan mikroba yang masuk ke saluran pernafasan dan tubuh. Jadi lendir atau ingus merupakan pelindung Hidung yang sangat penting.

Demikianlah informasi tentang 4 hal yang menarik dari hidung, namun meskipun hidung mempunyai pelindung tidak berarti hidung akan selalu tetap bisa mencium aroma atau bau . Karena fungsi hidung juga akan menurun seiring dengan bertambahnya umur manusia. Umumnya setelah umur 65 kemampuan hidung mengenali bau akan mulai berkurang bahkan ketika umur mencapai 80-an kemampuan mencium akan  berkurang hingga 50 %.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "4 Hal yang menarik dari hidung kita"

Posting Komentar