4 tips berkendara saat hujan agar selamat


Ketika musim hujan anda yang memakai kendaraan baik sepeda motor atau mobil harus sangat berwaspada. Karena banyak tantangan yang harus dihadapi ketika hujan terjadi seperti jalan yang licin, genangan air, dan halangan lainnya seperti pohon tumbang karena badai hujan yang kuat. Jangan hanya memanfaatkan desain modern pada kendaraan anda tetapi juga manfaatkan tekhnologi agar menjaga keselamatan anda terutama dalam menghadapi musim hujan. Berikut adalah 4 tips berkendara saat hujan.

Nyalakan lampu
tips aman berkendara saat hujan

Dalam kondisi hujan biasanya sulit untuk melihat pandangan bahwa didepan ada kendaraan atau tidak. Hal ini terjadi karena minimnya cahaya karena kabut. Oleh karena itu disetiap hujan anda wajib menyalakan lampu agar terhindar dari saling tabrak.

Tekanan ban yang cukup

Periksalah selalu tekanan yang ban jangan sampai kurang angin karena pada saat musim hujan kondisi jalan sangatlah licin ditakutkan jika ban anda dalam tekanan yang tidak cukup bisa menggelincir saat dalam perjalanan.

Atur pengereman dan hindari genangan

Dalam mengendarai kendaraan khususnya saat hujan anda harus pelan – pelan atau memperlambat laju kendaraan anda. Dengan kecepatan yan lebih rendah akan menambah jarak yang aman dengan pengendara yang didepan atau yang di belakang dan menghindari juga selip dari genangan air.
Ketika kendaraan masuk ke genangan air maka pengemudi mengurangi kecepatan tanpa melakukan pengereman.

Tunggu kendaraan hingga melambat dengan sendirinya, dan menunggu ban mendapat cengkraman kembali. Jika kendaraan tergelincir maka pengemudi harus menjaga kearah yang dituju sampai mobil berjalan lurus. Mengemudi secara hati – hati adalah kuncinya.

Hindari banjir lebih setengah ban

Anda harus menghindari banjir yang sudah menerjang hingga lebih dari setengah ban. Jika anda harus melewati genangan itu carilah titik terdangkal dan usahakan agar tidak ada kendaraan yang ada didepan agar anda tidak berhenti saat melintasi genangan tersebut. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada mobil anda atau mobil mogok.

Demikianlah 4 tips berkendara saat hujan, agar perjalanan anda dapat berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "4 tips berkendara saat hujan agar selamat"

Posting Komentar