Perbedaan orang pintar dan sok tau


Pernahkah anda bertatap muka dengan orang yang pintar atau pun orang yang sok pintar ? bisakah anda membedakannya ? nah, kalo menurut pengalaman pribadi jika bertemu dengan orang pintar malah dia merendahkan diri tidak terlalu menyombongkan jika dia pintar tetapi beda ketika bertemu dengan orang sok pintar dia sering berbicara seolah dia mengetahui semua hal namun kenyataanya zonk, apa yang dikatakan orang sok tau salah.

Memang tidak semua orang pintar bisa mengeksplor kemampuannya, ingat setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan ! jadi terkadang ada orang yang pintar tetapi kurang pandai dalam menjelaskan ilmunya pada orang lain. Jadi biasanya orang pintar lebih baik diam dari pada salah dalam berbagi ilmunya.
Perbedaan orang pintar dan sok tau

Beda dengan orang yang sok tau, sebenarnya masih sama kayak penjelasan orang yang pintar. Dan perlu ditekankan lagi deh bahwa manusia punya kelebihan dan kelemahan. Bagi orang yang sok pintar mungkin dia mempunyai kepercayaan diri yang luar biasa dan pandai dalam bercerita. Namun karena dia terlalu menggebu – gebu di sampai berbicara ngacoo alias ngelantur kadang – kadang apa yang di bicarakan tidak sesuai dengan faktanya ( berusaha memberi kesan betapa luasnya penggetahuan dia).

Demikian adalah sekilas pengalaman tentang perbedaan orang bodoh dan sok tau, bagi anda jangan merasa tersinggung dengan kata – kata sok tau. Karena kata – kata ini merupakan suatu bahasa yang memiliki arti bahwa sesorang berbicara tanpa berfikir atau berbicara tanpa mempertimbangkan secara matang apakah yang dia ungkapkan benar  attau salah. Hal ini beda sama jika hanya bercanda.

Jadi dapat disimpulkan untuk mengatasi perbedaan seperti ini harus ada kesadaran diri dari masing masing pihak ( pintar atau sok tau ) misalnya jika hanya satu hadis jangan berlagak seperti ahli hadis, yang tidak bisa bicara lebih baik diam saja ( perintah Nabi saw ), dan jangan akhirnya berbicara sesuatu yang tidak dipahami . seperti firman allah yang artinya “ Janganlah kau bicarakan yang tidak kau ketahui ilmunya “ (al-isra’ : 36) . Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Perbedaan orang pintar dan sok tau "

Posting Komentar