Bahaya minum soda keseringan bagi kesehatan


Ketika cuaca teramat terik minum minuman yang menyegarkan adalah pikiran yang selalu tertanam diotak. Dan soft drink merupakan salah satu minuman bersoda yang banyak diminati oleh khalayak. Memang sesaat dengan minum soda akan membuat tenggorokan terasa segar dan terasa bebas dari panas. Namun, tahukah anda jika kebiasaan ini dilakukan dengan terus menerus dan menjadi kebiasaan.

Hal ini bisa memicu berbagai masalah kegemukan ( obesitas ) dan tidak hanya itu hal itu akan memicu juga berbagai masalah kesehatan. Bahkan dari beberapa penelitian berlebihan mengkonsumsi soda akan berdampak pada kesehatan mengenai pembuluh darah dan jantung.

Bahaya minum soda keseringan

Berikut adalah beberapa resiko mengkonsumsi soda yang berlebihan:

Gagal ginjal

Jika anda mengkonsumsi minuman soda secara rutin maka akan menyebabkan gagal ginjal yang kemungkinannya lebih besar dari pada yang tidak meminum soda. Sementara dalam penelitian yang dilakukan oleh osaka university konsumsi kaleng soda tiap hari akan mengakibatkan kerusakan fungsi ginjal yang ditandai dengan adanya protein pada urine atau air kencing. Ini adalah salah satu bahaya minum soda keseringan bagi kesehatan ginjal.

Kerusakan gigi

Gigi menjadikan seseorang tampak manis jika tersenyum, bayangkan jika anda masih muda dan tidak mempunyai gigi ? Pasti anda akan malu. Nah, oleh karena itu anda harus menjaga gigi anda terutama dalam hal makanan dan minuman yang menyebabkan gigi rusak. Salah satu minuman yang mempercepat rusaknya gigi anda adalah minuman yang bersoda. Alasannya mengapa soda dapat merusak gigi karena soda mengandung asam dan asam sendiri memiliki efek yang dapat merusak. Itulah bahaya minum soda keseringan bagi kesehatan gigi.

Gangguan perut

Sedangkan dalam waktu yang panjang soda dapat menipiskan lapisan perut dan hal ini dapat memicu perut mulas, kembung gas dan lain – lain. Jadi terlalu sering minum soda bahaya untuk kesehatan perut, terutama pada sistem pencernaan.

Demikian tadi adalah bahaya minum soda keseringan bagi kesehatan, memang menghilangkan kecanduan minum soda apalagi di musim panas sangatlah sulit. Namun apabila di bandingkan dengan kesehatan yang tidak bisa di beli apapun anda harus rela mengurangi minum minuman bersoda. Lakukan pengurangan secara bertahap dan minumlah minuman yang lebih sehat seperti mengkonsumsi air putih misalnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Bahaya minum soda keseringan bagi kesehatan"

Posting Komentar