Pentingnya mengganti sprei kasur untuk kesehatan


Sprei kasur adalah benda yang takkan terlepas dari tempat tidur (kasur). Jangan diremehkan Jika sprei dapat menimbulkan penyakit karena kekebalan tubuh yang menurun diakibatkan debu. Dan alergi pada kulit jika sprei dipakai secara terus menerus tanpa diganti bahkan dicuci. Mengapa demikian ?

Ya jawabannya mudah karena kita umumnya menghabiskan waktu 7 - 8 jam bahkan lebih aktivitas di kasur untuk tidur dan pada saat tidur tubuh mengeluarkan zat - zat yang menempel di di sprei dan akan menumpuk jika tidak mengganti sprei.zat - zat yang menempel di sprei seperti :

Pentingnya mengganti sprei kasur untuk kesehatan

Keringat

Kadang disaat tubuh kita tidur terasa suhu yang panas sehingga badan mengeluarkan keringat yang pastinya menempel. Di sprei dan bisa jadi akan menyebabkan timbulnya jamur kulit.

Air liur

Memang air liur tidak diketahui kapan munculnya. Oleh karena itu pasti air liur jatuh di sprei dan meresap dikasur, jadi bau kan ?

Minyak

Hampir sama halnya seperti keringat tubuh mengeluarkan minyak pada saat tidur dan terkumpul di sprei maka tidak jarang . Apabila kita bangun tidur terkadang terasa basah di kasur .

Sel - sel kulit mati

Berjuta - juta sel kulit mati dibuang oleh tubuh dalam sehari, beberapa diantaranya ada yang terlepas ketika tidak melakukan aktivitas apapun ( pada saat tidur). Dan sel sulit mati merupakan makanan yang disukai tungau didalam kasur.

Kulit mati.

Belum lagi jika melakukan aktivitas makan di kasur ( khususnya bagi anak kos). Hal itu akan membuat sprei kotor dan apabila tidak mengganti sprei yang baru akan menimbulkan gatal - gatal di kulit dan akan membuat tungau atau kutu yang ada di kasur keluar karena ada sisa - sisa makanan tadi. Jika dilakukan penelitian sprei dibawah mikroskop pasti banyak orang yang terkejut karena banyaknya bakteri yang terdapat di sprei dan memakan sel - sel kulit mati. Salah satunya adalah adanya kutu dari debu.

Kuman di sprei kotor

Cara yang dilakukan untuk membersihkan sprei dari makhluk - makhluk kecil yang hanya bisa dilihat di mikroskop adalah dengan cara mencuci sprei secara teratur dan sebaiknya anda mengganti sprei maksimal seminggu atau dua minggu sekali.

Tapi sebenarnya untuk memaksimalkan terhindar dari penyakit sebaiknya kasur, bantal, guling juga diganti atau paling tidak dijemur baik sebulan sekali atau dua bulan sekali. Jadi tidak hanya dengan mengganti sprei saja. Semoga informasi pentingnya menganti sprei bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pentingnya mengganti sprei kasur untuk kesehatan"

Posting Komentar