Tips menjaga kesehatan mata saat didepan laptop


Laptop sekarang merupakan suatu alat elektronik yang sering hampir 24 jam seorang pekerja menghabiskan waktunya didepan monitor. Tidak hanya para pekerja anak - anak sekolah pun sudah mengenakan laptop untuk mengerjakan tugas mereka. Padahal radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan dari laptop dapat merusak mata.

Dan gangguan lain akibat dari penggunaan laptop yang terlalu lama bisa menyebabkan sakit kepala, leher dan bahu yang akan terasa pegal. Jika pekerjaan yang dilakukan sering menggunakan laptop atau didepan layar monitor maka anda harus pandai menjaga kesehatan terutama menjaga kesehatan mata saat didepan laptop.

Tips menjaga kesehatan mata saat didepan laptop

Makan buah dan sayur

Hal pertama yang harus anda perhatikan terutama menjaga mata saat didepan laptop adalah makanan yang anda makan harus berpengaruh pada kesehatan mata agar saat anda didepan layar laptop mata anda terjaga kesehatannya. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin a seperti wortel dan lain - lain.

Pelindung layar

Pelindung layar atau screen filter sangat membantu menjaga mata saat didepan laptop. Karena dengan pelindung layar dapat mencegah terjadinya radiasi langsung yang dipancarkan laptop. Screen filter banyak di jual di toko aksesoris komputer. Harganya beragam tergantung merk dan lebar screen filter. Yang murah harga screen filter kisaran 25rb.

Atur kecerahan

Atur lah kecerahan laptop anda agar tidak terlalu cerah, apabila laptop anda terlalu cerah maka akan semakin membuat mata anda cepat terasa lelah. Dan apabila anda gunakan layar yang terlalu cerah dalam waktu yang lama dan terus - menerus bisa menyebabkan kinerja mata berkurang.

Istirahat kan mata

Istirahat kan mata sejenak saat anda didepan layar laptop. Misalnya seperti mengalihkan pandangan mata ke tempat yang lain agar mata dapat berkedip dan tidak hanya terfokus pada layar monitor. Minimal 15 menit istirahat kan mata. Ada masukan dari ahli bahwa " Jika mata lelah karena sering melihat object yang dekat, maka cara yang mudah agar mata lebih segar adalah dengan melihat objecj yang jauh. Jika Anda di dalam ruangan dekat dengan jendela, bukalah sebentar dan lihat object yang jauh. Misalnya melihat pepohonan yang jauh.

Posisi duduk

Posisi duduk sangat mempengaruhi kesehatan mata, namun tidak hanya mata punggung dan leher juga dipengaruhinya posisi duduk yang rileks dan tidak terlalu dekat dengan layar laptop adalah posisi duduk yang baik. Posisi duduk yang baik ini juga secara tidak langsung membantu agar mata tidak terlalu dekat dengan layar dan menimbulkan mata cepat lelah. Posisi duduk yang bagus adalah 1/2 - 1 meter dari layar monitor ( standar 14inch). Sering lah duduk dengan tegak jika di depan layar monitor, jangan membungkuk karena dampaknya akan membuat perut terasa panas.

Itulah beberapa cara agar menjaga kesehatan mata saat didepan laptop. Pelajaran yang dapat diambil dari informasi diatas adalah jaga jarak pandang antara mata dengan laptop agar sehat, namun tidak hanya itu menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga diperlukan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tips menjaga kesehatan mata saat didepan laptop"

Posting Komentar