10 Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia


Bahagia atau gembira adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan. Para filsuf dan pemikir agama telah sering mendefinisikan bahagia dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekadar sebagai suatu emosi. Para peneliti juga telah mengidentifikasikan beberapa hal yang berhubungan dengan bahagia yaitu interaksi sosial, status pernikahan, pekerjaan, kesehatan, kebebasan demokrasi, optimisme, keterlibatan religius, penghasilan, serta kedekatan dengan orang-orang yang merasa bahagia.

Ternyata bahagia bisa juga dicapai dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan rasa bahagia di hati. Apa saja jenis makanan itu? Kamu pasti penasaran ingin segera mengetahuinya.

10 Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia

10 makanan yang bisa membuat bahagia

  • Dark chocolate
Dark chocolate dikenal sebagai sumber perasaan gembira. Dark chocolate juga diketahui dapat meningkatkan kadar sejumlah neurotransmiter misalnya endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia secara keseluruhan. Selain itu dark chocolate juga mengandung peniletilamin karena bisa menyebabkan seseorang merasa sedang jatuh cinta.

  • Makanan dengan omega 3
Omega 3 terbukti dapat mencegah penyakit jantung, depresi, kanker, asma, ADHD, rematoid artritis, penyakit alzheimer dan kepikunan. Asam lemak omega 3 bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, ikan kod, ikan pecak dan udang. Sedangkan sayur yang mengandung asam lemak omega 3 adalah kedelai dan kubis.

  • Pisang
Pisang merupakan sumber terbaik untuk potasium yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung. Pisang mengandung triptopan yang juga terdapat dalam coklat murni. Triptopan adalah salah satu jenis asam amino yang diubah menjadi serotonin yaitu suatu neurotransmiter yang dapat mencerahkan suasana hati.

  • Jeruk
Semua tahu bahwa jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi yang bukan hanya meningkatkan energi dan kekebalan tubuh namun juga kadar endorfin. Kita bisa mengkonsumsi tablet vitamin C jika tidak punya waktu untuk mengupas jeruk. Tetapi sesuatu yang alami adalah pilihan terbaik.

  • Buah beri
Anggur, stroberi, blueberi, cranberi, frambozen dan blackberry mengandung anti oksidan, vitamin dan serat, di samping memiliki aneka warna yang cerah. Knda dapat memakannya bersama kacang sebagai cemilan yang sehat dan lezat.

  • Kacang-kacangan
Kenari adalah salah satu jenis makanan pembuat bahagia yang mengandung asam lemak omega 3. Sedangkan almon mengandung serat dan merupakan sumber energi yang sempurna.

  • Susu
Sebagian besar manusia telah mengetahui manfaat susu, yang mengandung berbagai elemen penting seperti kalsium, vitamin D, protein dan fosfor. Kalsium penting untuk membentuk tulang dan gigi pada anak-anak. Sedangkan fosfor penting untuk memperkuat tulang dan menghasilkan energi, yang pada akhirnya menimbulkan efek bahagia. Selain itu minum susu hangat di malam hari dapat membantu kita mudah tidur.

  • Teh hijau
Teh hijau selalu dipromosikan sebagai minuman menyegarkan dan membuat orang bahagia dalam iklan komersial di media massa. Faktanya, teh hijau mengandung L-teanin, suatu asam amino yang bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang. Maka jangan heran kalau orang-orang Jepang nampak selalu lemah lembut dan sopan. Ini karena mereka selalu minum teh hijau.

  • Bayam
Bayam sangat baik untuk kesehatan, khususnya bagi para calon ibu. Selain mengandung asam folat, vitamin A dan C, bayam juga mengandung magnesium untuk meringankan hati mereka yang sedang galau.

  • Makanan pencuci mulut
Makanan yang manis seperti es krim dan cake memang selalu membuat hati seseorang bahagia saat menyantapnya. Meski makanan semacam ini kadang tidak menyehatkan, namun buah-buahan dan susu di dalamnya bisa bermanfaat untuk tubuh. Jika kamu meragukan manfaat makanan pencuci mulut, maka pilihlah yoghurt atau smoothies buah-buahan yang mengandung lebih sedikit lemak.

Nah, itu tadi 10 makanan yang bisa membuat bahagia. Jika badan kita sehat dan jauh dari penyakit, pasti kita akan merasa bahagia bukan? Hidup akan menjadi jauh lebih baik jika kita merasa bahagia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "10 Makanan Yang Bisa Membuat Bahagia"

Posting Komentar