10 Resep Mendidik Anak Dalam Islam


Mendidik anak dalam Islam harus didasarkan pada petunjuk dari Allah yaitu Al-Qur'an, karena Al-Qur'an tidak hanya membahas tentang kewajiban anak kepada orang tua, namun juga kewajiban orang tua kepada anaknya.

Sesungguhnya anak bukanlah milik kita, melainkan titipan dari Allah kepada kita. Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mendidik anak sesuai dengan yang telah Allah perintahkan. Adalah kesalahan bagi orang tua apabila seorang anak jauh dari ajaran Islam.

Kita koreksi kembali, apakah telah benar langkah kita dalam mendidik anak kita di rumah. Jika masih ada yang kurang, maka harus dilengkapi. Jika ada yang keluar jalur, maka harus dibenahi. Jika telah benar dan telah sesuai dengan perintah Allah, maka kita selalu berdoa agar Allah senantiasa menjaga keistiqomahan lisan dan hati kita, dari hal-hal yang tidak Allah kehendaki.

10 Resep Mendidik Anak Dalam Islam

Berikut 10 Resep Mendidik Anak Dalam Islam:

1. Anak suka berbohong

Berikan dia rasa aman, karena anak kecil tidak akan berbohong kecuali jika dia merasa takut, atau berada di bawah tekanan. Beri rasa aman, kemudian tanamkan padanya nilai-nilai kejujuran.

2. Anak keras kepala

Jangan anda melawan sikap keras kepalanya, karena dia berdasarkan apa yang dilihatnya. Beri dia lebih banyak cinta dan pelukan.

3. Anak hiper aktif

Sibukkan dia dengan kegiatan kinetik, banyak gerak yang positif. Kurangi asupan coklat, karena coklat meningkatkan vitalitas. Berikan dia tanggung jawab.

4. Anak sulit makan

Jangan dimarahi jika anak susah makan. Usahakan memberi makan dengan cara bermain atau perlombaan. Jika tidak buah dan sayur, anda bisa beri dia buah-buahan dan sayuran yang warnanya menarik hatinya.

5. Anak memukul atau membully adiknya

Jangan pernah membanding-bandingkan dia dengan adiknya. Bagilah cinta anda kepada mereka dengan adil. Jangan pernah menampakkan rasa cinta anda yang lebih kepada salah satunya terhadap yang lainnya.

6. Anak kecanduan games elektronik

Dampingi dia selalu saat bermain, hingga dia mengurangi jam bermainnya. Jangan larang dia secara tiba-tiba, karena itu justru membuatnya akan lebih kecanduan dari sebelumnya.

7. Anak mengucapkan kata-kata kotor

Jangan membentaknya, tetapi peringatkan dia dengan lembut. Jelaskan kepadanya bahwa kebersihan lisan itu bagian dari kebersihan hati. Kemudian, cobalah cari tahu dari mana dia mendapatkan kata-kata kotor tersebut, agar anda bisa lebih mengawasi pergaulannya.

8. Anak tidak mau sholat

Cintailah dia karena Allah. Jelaskan padanya bahwa segala nikmat, termasuk mainan dan makanan yang dia suka, yang dia beli dengan uang adalah nikmat dari Allah juga.

9. Anak suka menghisap jari atau menggigit kukunya

Itu tandanya anak anda butuh rasa aman. Dia sedang merasa takut akan sesuatu yang mengancamnya, atau rasa rendah diri karena merasa dibanding-bandingkan dengan saudara atau temannya yang lain.

10. Anak mudah marah

Jangan pernah kurang perhatian padanya, dan jika dia marah maka jangan membalasnya dengan marah juga. Ajarkan dia untuk berwudhu saat marah. Katakan kepadanya untuk sabar dan tenang agar kalian berdua bisa saling memahami satu sama lain.

Nah itu tadi 10 Resep Mendidik Anak Dalam Islam. Semoga bermanfaat untuk para orang tua yang mempunyai permasalahan dengan sikap buah hatinya. Bagaimanapun juga, anak adalah harapan orang tua di masa depan. Anak adalah perhiasan bagi orang tua, dan akan menjadi penghibur di kala lelah dan kesusahan melanda.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "10 Resep Mendidik Anak Dalam Islam"

Posting Komentar