Mengenal Bahasa Tubuh Pemimpin Sukses, Patut Kita Tiru


Pasti kamu pernah bertanya-tanya dalam hati, saat melihat atau membaca kisah tentang seorang pemimpin sukses. Apa sebenarnya yang menyebabkan mereka bisa menjadi pemimpin sukses?

Tahukah kamu bahwa orang hebat belum tentu pintar. Sering kali karena bahasa tubuh mereka, yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Pemimpin sukses memakai strategi bahasa tubuh yang tepat dalam mencapai sesuatu. Hal ini sangat penting bagi para pemimpin wanita yang memiliki penerimaan lebih kecil dalam lingkungannya daripada seorang pemimpin pria.

Supaya dapat menjadi seorang pemimpin, kamu tidak hanya perlu memahami bagaimana bahasa tubuh yang dapat memberi dampak terhadap perilaku, tetapi juga harus mengetahui dan memilih bahasa tubuh yang tepat.

Mengenal Bahasa Tubuh Pemimpin Sukses, Patut Kita Tiru

Bahasa Tubuh Pemimpin Sukses

1. Intonasi suara

Suara yang tinggi itu menjengkelkan, sedangkan suara yang rendah lebih menyenangkan. Suara rendah yang menyejukkan dapat membuat orang lain bekerja lebih efisien. Dengan kita bersuara rendah, orang lain juga akan lebih segan atau lebih menghormati kita.

2. Sering tersenyum

Senyum membuat perasaan seseorang akan merasa lebih baik. Ada bahan kimia yang dilepas dalam otak manusia ketika tersenyum atau melihat orang lain melakukannya. Tersenyum memicu hormon perasaan baik, yaitu hormon Serotonin, Dopamin, dan Endofrin.

Hormon ini membuat tubuh rileks, mengurangi denyut jantung, dan tekanan darah, sehingga kita mampu melawan stress. Pada akhirnya, kita akan merasa lebih sehat dan tampil percaya diri.

3. Menjabat tangan orang lain

Jabat tangan yang sempurna adalah singkat, tegas, tidak ketat, dan menggunakan seluruh tangan, bukan hanya jari saja. Cara ini menyampaikan bahasa tubuh seseorang yang yakin, percaya diri, ekstrovert, dan positif.

Sebuah jabat tangan dapat menciptakan kesan dalam sekejap, dan kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama. Pemimpin yang berjabat tangan dengan tepat, bisa menyampaikan kesan bahwa dia seorang pribadi yang kuat dan terkendali.

4. Foto yang tepat

Pemimpin sukses, menyampaikan kepercayaan diri dan kekuatannya secara halus tapi jelas melalui foto dirinya. Kamu bisa berpose dalam foto yang membuatmu terlihat bertanggung jawab. Dengan berlatih pose yang tepat sebelum acara presentasi atau pertemuan, itu bisa meningkatkan percaya diri kamu saat seseorang ada yang memfoto dirimu nanti.

5. Gerakan

Gerakan acak atau gugup sangat mengganggu orang lain. Tetapi gerakan yang tepat dapat melengkapi kata yang diucapkan dan meningkatkan maknanya. Gerakan terbaik yang digunakan pemimpin sukses secara alami dapat mendukung kata-kata supaya lebih mudah diingat dan dipahami.

6. Lakukan kontak mata

Saat orang lain melakukan kontak mata ketika kamu berbicara, kamu pasti merasa penting dan percaya diri. Orang yang melakukan kontak mata terlihat lebih tulus dan dapat dipercaya. Perlu diingat, terlalu banyak kontak mata dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Pemimpin yang kuat secara naluri tahu, berapa lama untuk melihat seseorang lalu berpaling. Jumlah kontak mata yang tepat harusnya antara 50%-60% dari percakapan, terutama saat mendengarkan.

7. Jagalah posisi kepala tetap lurus

Jangan melihat ke bawah ketika kamu berbicara dengan seseorang. Kamu akan terlihat seperti tidak nyaman berbicara dengan lawan bicara. Kamu juga terlihat seperti orang yang tidak percaya diri.

8. Mengangguk ketika lawan bicara sedang berbicara

Mengangguk menandakan bahwa kamu memang sedang mendengarkan. Namun jangan mengangguk dengan berlebihan karena kamu akan terlihat seperti dibuat-buat.

9. Jangan jalan terburu-buru

Bagi kamu yang mempunyai kebiasaan berjalan dengan cepat, cobalah sesekali untuk memperlambat jalanmu. Selain kamu akan terlihat lebih tenang dan penuh percaya diri, kamu juga akan merasakan tingkat stress akan berkurang.

10. Jangan berdiri terlalu dekat

Orang yang merubah posisinya menjadi terlalu dekat pada lawan bicaranya, dapat menandakan bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu atau mempunyai maksud tertentu. Selain itu akan membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman. Jagalah selalu jarak antara kamu dan lawan bicara.

Nah, itu tadi penjelasan tentang Bahasa Tubuh Pemimpin Sukses, yang bisa kita tiru jika kita suatu saat nanti, atau saat ini punya keinginan menjadi seorang pemimpin. Kesuksesan seorang pemimpin tidak hanya meliputi program kerja, inovasi yang dilakukan, prestasi yang dibuat, dan sebagainya.

Tetapi juga termasuk bahasa tubuhnya, yang bisa membuat orang lain tertarik, sehingga timbul rasa percaya terhadap dirinya untuk memimpin di sebuah lembaga, kantor, partai, dan sebagainya. Pemimpin yang pandai menggunakan bahasa tubuhnya, akan membuat orang lain rela untuk dipimpin.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Mengenal Bahasa Tubuh Pemimpin Sukses, Patut Kita Tiru"

Posting Komentar