19 Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita


Mandul kondisi yang sangat menakutkan bagi pasangan suami istri yang telah lama menikah. Kemandulan adalah ketidakmampuan sepasang suami istri untuk mencapai kehamilan setelah selama satu tahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur (2-3 kali dalam seminggu) dan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Mandul tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga bisa terjadi pada pria. Dengan terganggunya sistem reproduksi pria juga akan menghambat  proses kehamilan pasangannya. Kemandulan pada pria sekitar 30-40%, dan 40-50% pada wanita, serta sisanya akibat pengaruh keduanya.

19 Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita

Penyebab kemandulan pada wanita

1. Endometriosis

Endometriosis adalah ketidaknormalan pertumbuhan jaringan implan diluar rahim atau uterus padahal normalnya hanya tumbuh didalam rahim. Hal ini dapat menimbulkan perlengketan pada sekitar saluran telur atau pada organ reproduksinya sehingga menghambat terjadinya pembuahan.

2. Infeksi organ reproduksi

Infeksi vagina dapat meningkatkan keasaman vagina sehingga akan membunuh sperma dan terjadi pengkerutan vagina yang akan menghambat transportasi sperma ke vagina. Selain itu kelainan tuba falopii akibat infeksi akan mengakibatkan adhesi tuba falopii sehingga terjadi obstruksi yang pada akhirnya menyebabkan ovum dan sperma tidak dapat bertemu.

3.Faktor hormonal

Terjadinya kelainan hormon reproduksi, seperti lutein dan perangsang folikel dapat menghalangi terjadinya pelepasan sel telur. Kelenjar hipotalamus-pituitari yang abnormal karena faktor genetik, tumor atau kanker juga dapat menghambat ovulasi. Kelainan kelenjar tiroid, kelebihan dan kekurangan hormon tiroid juga menyebabkan kacaunya siklus menstruasi.

4. Menopause dini

Yaitu suatu kondisi berhentinya menstruasi dan penipisan folikel ovarium yang terjadi lebih dini sebelum usia 40 tahun. Menopause dini disebabkan oleh penyakit sistem imun, pengobatan radiasi dan kemoterapi, serta merokok.

5. Penyumbatan tuba falopi

Rusak atau tersumbatnya tuba falopi ini umumnya disebabkan oleh salphingitis, yang dapat menghambat kehamilan atau menyebabkan kehamilan diluar kandungan. Jika tuba falopi pada wanita rusak akan membentuk jaringan parut dan perubahan yang menggangu pergerakan sel telur sehingga menghambat pembuahan.

6. Polycystic ovary syndrome

Merupakan suatu kondisi di mana tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon androgen, dan dikaitkan dengan resistensi insulin dan obesitas. Sindrom ini menyebabkan banyaknya kista ovarium dan berlebihnya produksi androgen, testosteron. Akibatnya tidak terjadi ovulasi.

7. Tumor dan kanker rahim

Tumor dinding rahim yang jinak atau ganas bisa menyebabkan infertilitas. Tumor yang berukuran besar juga menjadi penyebab kemandulan pada wanita. Karena tumor yang besar akan mempengaruhi bentuk dari uterus wanita. Kanker pada leher rahim jika dibiarkan juga akan menimbulkan kemandulan pada wanita.

8. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan juga sangat sering menjadi penyebab yang menghambat kinerja hormon reproduksi wanita. Paparan radiasi dalam dosis tinggi, asap rokok, gas ananstesi, zat kimia, dan pestisida dapat menyebabkan toxic pada seluruh bagian tubuh termasuk organ reproduksi yang akan mempengaruhi kesuburan.

9. Stress dan gaya hidup yang tidak sehat

Kondisi stress juga bisa mempengaruhi tejadinya kemandulan. Demikian pula gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Alkohol memang tidak disarankan untuk diminum karena dilihat dari segi kesehatan sangat membahayakan kesehatan terutama bagi wanita.

Penyebab kemandulan pada pria

1. Kualitas sperma yang buruk

Kualitas sperma menentukan akan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk sperma dan gerakannya yang tidak sempurna, maka tidak akan mampu mencapai sel telur. Rusaknya kualitas sperma bisa terjadi akibat memakai celana ketat, alkohol, merokok, kelelahan atau terlalu sering berejakulasi.

2. Kelainan genetik

Kelainan genetik menyebabkan seorang pria mempunyai satu kromoson Y dan dua kromoson X. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan testis sehingga pria tersebut sedikit saja atau bahkan tidak memproduksi sperma sama sekali.

3. Gangguan hormonal

Hormon testosteron yang terganggu bisa menghambat produksi sperma. Untuk merangsang agar testis memproduksi sperma diperlukan hormon dari kelenjar pituitari. Bila hormon tersebut terganggu maka jumlah menurun atau tidak ada, maka testis tidak akan bekerja sempurna.

4. Varikokel

Adalah pelebaran pembuluh darah balik atau vena di sekitar buah zakar. Hal ini ditemukan dalam bentuk benjolan di bagian atas buah zakar yang akan bertambah besar dan nyata bila mengejan. Yang lebih sering terkena adalah buah zakar sebelah kiri.

6. Saluran sperma yang tersumbat

Hal ini bisa saja merupakan bawaan lahir atau adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bila sumbatan tidak begitu parah, dengan bantuan mikroskop dapat diusahakan koreksinya dan dapat diketahui pula ada tidaknya produksi sperma di buah zakar.

7. Pengaruh radiasi dan obat

Radiasi serta obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi kualitas sperma, fungsi testis, dan hormon reproduksi, dan menyebabkan masalah kesuburan. Faktor lainnya adalah gangguan hormon, pengaruh obat, gangguan ereksi atau ejakulasi, radiasi dan lainnya.

Selain faktor yang terjadi pada pria dan wanita, ada pula faktor yang bisa berpengaruh dari keduanya sekaligus sehingga menghambat terjadinya kehamilan, penyebabnya adalah :

1. Tidak bisa melakukan senggama

Pasangan suami istri bisa saja tidak bisa melakukan senggama yang disebabkan oleh ketidaktahuan teknik senggama yang benar, maupun pengaruh psikologis terhadap pasangan.

2. Reaksi imunologik

Yang menyebabkan timbulnya respon imun non spesifik setelah berhubungan misalnya timbul gatal-gatal, bercak darah pada kulit, keluar cairan yang berlebihan dari vagina. Reaksi spesifik yaitu timbulnya antibodi terhadap sperma suami, sehingga sperma tidak bergerak atau tiak mampu membuahi.

3. Tumor otak

Adanya tumor otak bisa mempengaruhi kerja hormon yang berhubungan dengan proses pematangan sel telur pada indung telur. Sedangkan pada pria tumor ini dapat menghambat produksi sel sperma pada testis.

4. Penyakit tiroid

Adanya penyakit kelenjar tiroid atau dikenal dengan kelenjar gondok akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Keaktifan kelenjar ini akan menghasilkan suatu kondisi yang dapat menyebabkan masalah kesuburan pria maupun wanita.

Itulah penyebab kemandulan pada pria dan wanita. Semoga informasi ini bisa membantu menjelaskan masalah ketidaksuburan yang selama ini masih belum dipahami sepenuhnya dengan baik oleh pasangan suami istri yang bermasalah untuk mendapatkan kehamilan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "19 Penyebab Kemandulan Pada Pria dan Wanita"

Posting Komentar