21 Ciri-Ciri Orang Genius atau IQ Tinggi


Genius adalah istilah untuk menyebut seseorang dengan kapasitas kecerdasan di atas rata-rata di bidang intelektual, terutama yang ditunjukkan dalam hasil kerja yang kreatif dan orisinil.

Seseorang yang genius selalu menunjukkan individualitas dan imajinasi yang kuat, tidak hanya cerdas, tetapi juga unik dan inovatif. Kata ini juga digunakan untuk orang yang memiliki kepandaian dalam banyak bidang.

Genius seringkali dihubungkan dengan IQ tinggi. Test IQ (Intelligence Quotient) biasanya dilakukan untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan daya ingat seseorang, melalui media pertanyaan berupa tulisan atau gambar. Sebenarnya tidak hanya IQ yang diperhitungkan, masih ada EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). IQ dan EQ bisa berjalan namun terkadang tidak tentu arah. Maka itulah diperlukan SQ agar keduanya bisa berjalan dengan sesuai.

Punya prestasi gemilang ternyata bukan satu-satunya hal yang bisa menjadi patokan tingkat kegeniusan atau IQ seseorang. Menurut penelitian, hal-hal sederhana yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari ternyata juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang itu genius atau ber IQ tinggi.

Berikut ini 21 Ciri-Ciri Orang Genius atau IQ Tinggi:

21 Ciri-Ciri Orang Genius atau IQ Tinggi

1. Suka begadang

Ada orang yang memang tidak bisa tidur sebelum tengah malam atau dini hari. Orang yang suka begadang cenderung lebih pintar dibanding orang yang tidur lebih awal.

2. Tidak suka suara berisik

Orang dengan intelektual tinggi sering merasa terganggu dengan suara berisik. Seperti orang yang berisik saat makan, mendengkur saat tidur, berbicara keras, dan sebagainya.

3. Mempunyai mata biru

Orang dengan mata biru cenderung mempunyai pola pikir strategis dibanding orang dengan warna mata yang lebih gelap.

4. Suka membuat gambar ruwet

Doodling atau membuat gambar acak-acakan yang sangat ruwet, biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang atau mengusir kebosanan. Orang dengan IQ tinggi suka melakukannya. Seseorang dengan tingkat kecerdasan tinggi cenderung mencari cara alternatif untuk meluapkan sisi intelektualnya.

5. Mudah cemas dan terlalu banyak berpikir

Sering susah tidur dan tiba-tiba jadi pendiam, karena ada yang sangat membebani pikiran. Rasa cemas yang tercipta dari terlalu banyak berpikir, itu adalah wujud dari imajinasi yang luar biasa. Kecenderungan ini merupakan tanda dari aktivitas spontan yang terjadi di otak dengan level tinggi.

6. Suka tersenyum

Orang yang mempunyai IQ tinggi biasanya suka tersenyum. Karena mereka selalu punya ide ide yang cemerlang, dan mereka percaya diri dengan ide itu.

7. Cepat bosan

Sering kali saat melakukan sesuatu yang lama walaupun itu hal yang seru, orang yang mempunyai IQ tinggi akan cepat bosan. Karena mereka mempunyai otak yang cepat mengerti sesuatu, sehingga mereka akan cepat belajar, cepat mengerti, dan pada akhirnya merasa bosan.

8. Tidak populer

Orang yang mempunyai IQ tinggi, lebih dewasa dari pada yang lainnya. Menjadikan mereka terlalu dewasa untuk bergaul dengan orang seumurannya.

9. Sering bersikap aneh

Suka berbuat hal-hal aneh yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, karena mereka punya kreatifitas yang tinggi.

10. Terlalu percaya diri

Terlalu percaya diri atau terlampau yakin dengan kemampuan sendiri (over confidence), terlalu rasional, terlampau berpikir logik.

11. Keingintahuan yang tinggi

Sering kepo, karena mereka ibarat seseorang yg selalu dahaga akan ilmu dan pengetahuan, sehingga tidak pernah berhenti menganalisa untuk kemudian bertindak.

12. Komunikasi yang intelek

Orang yang genius atau mempunyai IQ tinggi, selalu berkomunikasi dengan bahasa yang penuh makna, ilmiah, dan terimplisit.

13. Melihat lebih luas

Selalu punya cara dan sudut pandang yang berbeda dalam melihat suatu masalah, hal ini akan menciptakan beberapa opsi yg solutif.

14. Berkemauan keras

Orang yang berpendirian sangat teguh, sangat sulit dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungan, tetapi sangat ahli mempengaruhi orang lain dan membuat orang seperti terhipnotis. Melalui pengaruhnya, mereka cendrung memaksakan kemauan atau caranya sendiri kepada orang lain.

15. Asyik dengan dirinya sendiri

Mereka terlalu asyik dengan dirinya sendiri, sering kali berbicara sendiri, tidak suka santai, dan hampir tidak membutuhkan hiburan.

16. Humoris

Seseorang yang humoris, akan memberikan tanggapan positif terhadap dirinya dan kehidupannya. Orang yang memiliki selera humor tinggi, akan tumbuh menjadi orang yang tangguh dan juga mudah dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Sisi humor juga berhubungan dengan perkembangan kognitif seseorang, dan biasanya memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik dari orang lain.

17. Menyukai musik

Dengan bermain musik, seseorang akan menjadi perhatian, fokus, dan meningkatkan daya ingat. Saat bermain musik, orang tersebut mempelajari hal baru dan otak otomatis akan berkembang karena menerima pengetahuan atau pengalaman baru. Suatu alat musik tentunya memiliki bahasa tersendiri, hal ini mengasah seorang untuk belajar bahasa musik.

18. Merasa lebih tahu daripada orang lain

Orang yang genius cenderung suka memotong pembicaraan orang lain, karena merasa sudah mengerti, sudah lebih tahu walaupun belum selesai dijelaskan.

19. Tidak suka diatur

Tidak suka tekanan, aturan, atau sesuatu yang mengikat, merupakan ciri khas orang genius. Mereka memiliki sifat santai dan suka dengan kebebasan. Dengan adanya kebebasan, mereka bisa mengembangkan pola pikir secara lebih luas dan mendalam, tanpa adanya wadah yang membatasi mereka.

20. Selalu berpikir sebelum bertindak

Orang genius sebelum bertindak pasti berpikir dahulu, meskipun itu hanya hal-hal kecil.

21. Bertubuh kurus

Orang yang bertubuh kurus, adalah orang yang cerdas dalam mengingat. Mereka yang berbadan kurus mampu mengingat 56 persen kata-kata dalam ujian kosakata. Sebaliknya yang bertubuh agak gendut hanya mampu mengingat 44 persen kata-kata.

Nah, itulah 21 Ciri-Ciri Orang Genius atau IQ Tinggi. Tidak perlu rendah hati jika kita bukan termasuk orang genius atau mempunyai IQ tinggi, karena pada dasarnya semua orang bisa menjadi hebat jika berusaha dan bersungguh-sungguh. Tidak ada manusia yang terlahir sempurna bukan?


Subscribe to receive free email updates:

loading...

4 Responses to "21 Ciri-Ciri Orang Genius atau IQ Tinggi"

  1. aduh itu sih kebanyakan ciri-ciri aku.

    BalasHapus
  2. semua ada kecuali mata biru dan kurus...

    BalasHapus
  3. Ciri ciri saya semua.. tapi saya tidak bermata biru dan berbadan agak gemuk.. tapi dari teman sekelas saya.. yang kurus malah yang jarang ingat sesuatu..

    BalasHapus
  4. Mataku ga biru sih. Tapi semuanya benar, termasuk cempreng 😂

    BalasHapus