Inilah 5 Negara Teraman di Dunia


Lembaga riset Value Penguin yang berbasis di New York Amerika Serikat, mengeluarkan peringkat negara-negara paling aman di dunia.

Sebanyak 195 negara menjadi objek penelitian. Namun hanya 107 negara yang masuk peringkat, negara sisanya tidak tercantum karena minimnya informasi.

Data yang dijadikan dasar peringkat negara teraman ini, berasal dari berbagai sumber. Ada tujuh poin yang menjadi indikator nilai keamanan.

Tujuh indikator tersebut adalah populasi, emisi karbon dioksida (CO2), jumlah personel polisi per 100 ribu penduduk, tingkat kematian akibat kecelakaan per 100 ribu penduduk, pencurian per 100 ribu penduduk, dan tingkat harapan hidup dalam setahun.

Ketujuh indikator tersebut dipilih, karena berhubungan dengan keamanan sehari-hari penduduknya. Tujuh indikator tersebut sebagian besar diambil dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bank Dunia.

Berikut ini 5 Negara Teraman di Dunia:

1. Swiss

Inilah 5 Negara Teraman di Dunia

Swiss menjadi negara paling aman di dunia. Rata-rata kekerasan kriminal di negara yang terletak di benua Eropa, ini hanya 7 per 100 ribu penduduk. Swiss juga mewajibkan penduduknya mendaftar asuransi kesehatan. Dan indikator lain yang menjadikan Swiss sebagai negara paling aman adalah, dari populasi penduduknya yang 8.157.896 jiwa, dua juta nya ternyata merupakan warga asing. Data itu diperoleh dari Sekretariat Migrasi Kementerian Kehakiman Swiss.

2. Singapura

Inilah 5 Negara Teraman di Dunia

Negara dengan jumlah populasi 5.517.102 jiwa ini, dinilai paling ramah lingkungan di antara lima negara paling aman di dunia. Hanya memiliki emisi 2,7 metrik ton CO2 atau 52 persen lebih rendah dari rata-rata. Singapura memiliki seorang kepala statistik yang mendapat perlingungan legislatif. Negara ini juga memiliki kode untuk perumahan rakyatnya.

3. Spanyol

Inilah 5 Negara Teraman di Dunia

Rata-rata kematian akibat kecelakaan lalu lintas negara berpenduduk 47.066.402 jiwa ini hanya 5,4 per 100 ribu jiwa, atau 61 persen di bawah rata-rata. Meski demikian, pada musim panas ini meningkatkan peringatan potensi ancaman teror pada negara Spanyol.

4. Jepang

Inilah 5 Negara Teraman di Dunia

Jepang berada pada posisi ke empat sebagai negara paling aman di dunia. Faktor utama yang dimiliki Jepang adalah tingkat harapan hidup yang tinggi, yaitu mencapai 83 tahun. Jepang dinilai sangat aman karena menjadi sekutu Amerika Serikat. Jepang juga dinilai sebagai negara yang memiliki stabilitas dan tingkat kemakmuran yang tinggi.

5. Siprus

Inilah 5 Negara Teraman di Dunia

Negara berpenduduk 1.153.058 jiwa ini, memiliki 466 personel polisi per 100 ribu penduduk, dan negara dengan tingkat pencurian rendah yaitu 111 per 100 ribu penduduk.

Lalu bagaimana dengan negara Indonesia? Dari 107 negara yang masuk peringkat, Indonesia berada di urutan ke 65. Indonesia juga berada di bawah Brunai Darussalam yang menempati posisi 27, dan juga Filipina yang ada di urutan 49.

Demikianlah 5 Negara Teraman di Dunia. Terlepas tepat atau tidaknya analisis yang dibuat oleh Value Penguin, kita tentunya selalu berdoa agar Indonesia negara kita tercinta ini, tetap aman dan nyaman untuk kita tinggali.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 5 Negara Teraman di Dunia"

Posting Komentar