9 Aplikasi Ini Bikin Mengasuh Anak Lebih Mudah


Seperti kita ketahui, teknologi saat ini berkembang dengan cepat. Untuk pengasuhan anak, teknologi yang ada bisa semakin memudahkan kita. Saat ini ada berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan para orang tua dalam kegiatan pengasuhan anak.

Lucian Teo selaku User Education and Outreach Specialist, Asia Pacific dan Fibriyani Elastria, Customer Product Marketing Manager, Google Indonesia memaparkannya untuk para orang tua. Berikut ini 9 aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk pengasuhan anak:

1. Atur jadwal dengan Google Calendar

Terlalu banyak hal yang terjadi dalam hidup? Kita bisa lacak jadwal semua orang dengan multi kalender, terutama jadwal keluarga kita agar bisa quality time bersama.

Tidak perlu khawatir untuk jadwal yang menumpuk satu file, di sini kita bisa membedakan jadwal dengan kode warna yang berbeda, jadi bisa tahu mana jadwal anak, mana jadwal orang tua. Jangan lupa juga, atur notifikasi agar tidak melewatkan acara penting.

2. Asisten pribadi dengan Google Assistant

Asisten pribadi bersuara cerdas yang dirancang untuk memberikan kemudahan melalui percakapan dua arah. Kita tidak usah khawatir mengenai masalah yang belum kita ketahui terkait anak, kesehatannya, atau penyakit anak. Cukup katakan "Ok Google" dan dapatkan jawaban untuk pertanyaan sehari-hari secara instan.

3. Simpan setiap memori dengan Google Photos

Foto keluarga akan menjadi kenangan berharga. Untuk menyimpan foto kenangan, kita bisa memanfaatkan Google Photos. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengedit, membagi dan mem-back up foto-foto dengan lebih mudah dan simpel.

Jangan khawatir kehabisan ruang untuk penyimpanan, sebab Google Photos memiliki ruang simpan tak terbatas. Tidak hanya itu saja, kalau mau bikin kolase dan video pendek juga bisa. Cukup manfaatkan Google Photos Assistant.


9 Aplikasi Ini Bikin Mengasuh Anak Lebih Mudah

4. Simpan foto lama dengan PhotoScan

Apa yang harus dilakukan dengan semua foto cetakan lama? Dengan Photoscan, kita bisa menghubungkannya menjadi salinan digital dalam hitungan detik. Jadi kita tidak perlu repot lagi membawa album lama ke mana-mana. Tinggal lihat di handphone, foto lama keluarga bisa dilihat sewaktu-waktu dan kapan saja kita mau.

5. Mencari jawaban atas pertanyaan sulit via Google Search

Kalau butuh jawaban cepat, kita bisa tanya langsung ke Google melalui Google Search. Atau ingin masak sesuatu untuk keluarga tapi tidak tahu resepnya, bisa dicari di Google Search.

6. Jelajahi dunia dengan Google Street View

Berencana liburan dengan keluarga? Nah, agar ada bayangan seperti apa tempat yang akan dikunjungi itu, kita bisa manfaatkan Google Street View. Kalau sudah lebih tahu situasi destinasi yang akan kita kunjungi, saat datang nanti kita menjadi merasa lebih mengenal daerah tersebut.

7. Belajar Bahasa Baru dengan Google Translate

Si kecil sedang belajar bahasa asing? Atau si kecil kesulitan dalam mengerjakan tugas bahasa asing dari sekolah? Kita bisa menggunakan Google Translate untuk membantu si kecil belajar. Tidak hanya si kecil saja, kita sebagai orang tua juga bisa mempelajari bahasa asing.

8. Saring Konten Dewasa dengan Google Safe Search

Agar anak jauh dari konten dewasa saat berinternet, kita bisa mengaktifkan safe search di setelan penelusuran. Caranya sangat mudah, tinggal buka akun Google di handphone, kemudian pilih setting, kemudian aktifkan safe search. Jangan lupa log in dulu.

9. Cari info dan hiburan dengan Youtube

Di sini memang bisa dicari video apa saja dari yang mendidik sampai yang menghibur. Tetapi jangan lupa mengatur video yang menurut kita cocok dan tidak cocok untuk anak. Kita juga bisa melaporkan video yang tidak sesuai untuk ditonton anak dengan pilih reporting dan flagging. Agar lebih aman dan tersaring, baiknya kita bikin playlist-nya. Jadi anak hanya akan menonton video yang ada dalam playlist.

Nah, itu tadi 9 Aplikasi Ini Bikin Mengasuh Anak Lebih Mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dalam membantu anda mengasuh si kecil.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "9 Aplikasi Ini Bikin Mengasuh Anak Lebih Mudah"

Posting Komentar