Cara Cepat Cari Duit dengan Menjadi Youtuber


Seseorang bisa dikatakan sebagai youtuber jika orang tersebut menjadikan YouTube sebagai media untuk berbagi info lewat video kepada orang banyak. Youtuber saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena mereka bisa mendapat penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari video yang mereka upload di YouTube.

Hampir semua orang mengunjungi situs YouTube setiap hari, karena orang suka dimanjakan dengan visual atau gambar, dibanding membaca sebuah tulisan di website atau blog. YouTube merupakan situs gratis berbagi video yang dimiliki oleh Google. Ketika kamu menjadi youtuber, maka otomatis kamu akan bermitra dengan Google sebagai pemilik YouTube.

Video-video yang kamu upload di YouTube ini akan menampilkan iklan dari Google AdSense dan kamu akan mendapatkan uang jika ada orang yang menonton dan mengklik iklan tersebut. Iklan-iklan dari Google akan muncul di awal video secara otomatis.

Berikut ini beberapa youtuber teratas di Indonesia menurut data Socialblade.com yang penghasilannya bisa membuat kamu tercengang:

  • Ricis Official memiliki pendapatan sekitar Rp 112 juta hingga Rp 1,7 miliar per bulannya dengan 8.698.019 subscriber.
  • Raditya Dika memiliki pendapatan sekitar Rp 30 juta hingga Rp 530 juta per bulannya dengan 5.710.004 subscriber.
  • Edho Zell memiliki pendapatan sekitar Rp 45 juta hingga Rp 600 juta per bulannya dengan 2.587.273 subscriber.
  • Tim2one-Chandraliow memiliki pendapatan sebesar Rp 25 juta hingga Rp 370 juta perbulannya dengan 2.014.118 subscriber.

Angka-angka fantastis di atas bukan hanya isapan jempol semata. Tidak heran kalau ada banyak orang yang ingin menjadi youtuber profesional, karena bisa mendapatkan uang dengan cepat.

Cara Cepat Cari Duit dengan Menjadi Youtuber


Nah, jika kamu ingin videomu menjadi viral dan channelmu mendapatkan banyak subscriber seperti para youtuber di atas, kamu bisa menerapkan langkah awal untuk Cara Cepat Cari Duit dengan Menjadi Youtuber berikut ini:

1. Membuat akun dan channel YouTube

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Kamu masuk ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail milikmu. Setelah itu, kamu tinggal membuat channel YouTube dengan mengklik "my channel". Buatlah nama channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan kamu upload.

2. Buat akun AdSense

Jika ingin mendapat uang dari video-video yang kamu upload di YouTube, kamu juga harus membuat akun Google AdSense yang akan menyalurkan iklan-iklan di videomu. Kamu hanya diperbolehkan memiliki satu akun AdSense untuk memudahkan pembayaran nantinya. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense, kamu membutuhkan minimal tiga video original yang telah diupload.

3. Tentukan target penonton

Kamu juga harus menentukan target penonton. Target penonton akan menentukan gaya bahasa yang akan kamu gunakan dan jenis video apa yang akan kamu buat.

4. Buat video yang berkualitas

Saat membuat video, buatlah video dengan durasi yang tidak terlalu panjang, cukup sekitar 5-20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan. Kamu bisa merekam video dengan menggunakan kamera ponsel. Untuk inspirasi, ada beberapa tipe video yang biasanya sering ditonton orang lewat YouTube seperti:

  • Video tutorial

Contoh tutorial hijab, memasak, DIY, dan lain sebagainya, akan banyak ditonton orang karena langsung mempraktekkan sesuatu dan berguna untuk orang yang ingin belajar tentang sesuatu.

  • Video list

Bisa berupa list top 5 atau top 10 yang memuat kolase foto atau potongan-potongan video. Rata-rata orang yang menonton video list ini akan menontonnya hingga habis karena penasaran dengan keseluruhan isi listnya.

  • Video unboxing

Manusia biasanya memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi terhadap sesuatu yang baru seperti gadget atau peralatan elektronik. Orang sering mencari video-video unboxing terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.

  • Video mukbang

Siapa yang tidak suka melihat kuliner lezat yang menggugah selera. Video mukbang merupakan video yang menampilan youtuber menyantap aneka kuliner lezat tertentu dan menjelaskan seperti apa citarasanya kepada penonton.

  • Video parodi

Video parodi selalu bisa membuat kita tertawa dan terhibur, sehingga banyak orang yang menontonnya. Video ini bisa berupa menirukan sesuatu baik itu adegan di film, anime, drama, hingga lagu.

  • Video hewan

Punya hewan peliharaan di rumah? Kamu bisa memvideokannya secara diam-diam, karena hewan peliharaan selalu memiliki tingkah yang lucu dan jenaka, sehingga membuat penonton gemas.

  • Vlog

Vlog sangat trend di kalangan para artis karena video ini bercerita secara langsung kepada penonton, baik itu bercerita tentang pengalaman hingga kehidupan sehari-hari.

Yang paling penting adalah kamu harus selalu membuat video yang original jika ingin akun YouTube mu memiliki banyak subscriber. Kalau kamu mengambil cuplikan video orang lain, usahakan untuk mencantumkan copyright dari video tersebut.

5. Upload video

Perhatikan hal-hal di bawah ini saat mengupload video kamu:

  • Judul video

Judul video sangat menentukan pencarian video milikmu, karena selain dirimu ada puluhan ribu youtuber lain yang menjadi sainganmu. Jangan sampai judul video missleading dan tidak relevan dengan video yang kamu upload. Gunakan judul yang mengandung keyword karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

  • Thumbnail

Thumbnail adalah image di bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi usahakan untuk menggunakan thumbnail yang menarik dan bisa mewakiliki keseluruhan isi video.

  • Deskripsi

Buat deskripsi video yang jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan link keluar yang masih relevan dengan videomu.

  • Cantumkan tag yang relevan

Selalu cantumkan tag yang relevan dengan video, karena tag merupakan semacam pengkategorian video, sehingga tag yang bagus bisa membawa banyak penonton. Gunakan setidaknya 12 tag dengan jumlah karakter yang tidak lebih dari 120 karakter dan pisahkan dengan tanda kutip ganda.

6. Promosikan Video

Video yang sudah dibuat dan diupload tidak langsung bisa dilihat banyak orang, karena kamu pasti belum memiliki subscriber. Jadi pintar-pintarlah melakukan promosi dengan mulai membagikan link atau mendistribusikan video melalui akun jejaring sosial milikmu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, dan lain sebagainya.

Jangan sekali-kali kamu melakukan spam di sosial media dengan mengupload link video youtube yang sama berulang-ulang kali, karena kemungkinan besar akun kamu malah dibanned. Biarkan penonton mengunjungi videomu secara natural, meski memakan waktu yang cukup lama. Pertumbuhan secara perlahan ini jauh lebih baik dibanding traffic video yang meloncat tinggi hanya beberapa saat saja.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan banyak subscriber dan menaikkan traffic secara alami adalah kurang lebih satu tahun. Cara lain untuk mempromosikan video adalah dengan cara berkolaborasi dengan youtuber lain. Hal ini sudah terbukti mampu mendongkrak traffic dan mendatangkan subscriber baru secara otomatis.

7. Aktif berkomunikasi

Setelah menonton videomu, ada beberapa orang yang akan meninggalkan komentar. Sebagian ada komentar yang bagus dan membangun, tetapi ada juga yang negatif atau menjelek-jelekkan. Terimalah semua komentar dengan baik. Kalau ada yang memberi komentar jelek, kamu bisa menanggapinya dengan berusaha untuk memberikan video yang lebih baik lagi.

Adanya komentar positif atau negatif menandakan kalau mereka peduli dengan karya-karyamu. Usahakan untuk selalu aktif berkomunikasi dengan bertanya dan meminta masukan mereka untuk konten video berikutnya. Ingat, kamu bisa menjadi youtuber yang sukses semua berkat adanya viewer dan subscriber.

Nah, demikianlah Cara Cepat Cari Duit dengan Menjadi Youtuber. Semoga informasi ini berguna untuk kamu yang suka cari duit dengan cara cepat.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Cara Cepat Cari Duit dengan Menjadi Youtuber"

Posting Komentar