4 Manfaat Ikutan Trend 10 Years Challenge


Viralnya tagar #10YearsChallenge di Instagram menjadi fenomena tersendiri di dunia media sosial saat ini. Indonesia pun terkena demam #10YearsChallenge. Tantangan ini meminta pengguna media sosial untuk menyandingkan foto profil saat ini dibandingkan dengan 10 tahun lalu.

Banyak orang yang mem-posting foto perbandingan penampilan mereka dari 10 tahun lalu dan masa kini. Ada yang perubahannya drastis, ada pula yang sama sekali tidak berubah. Mem-posting foto before-after dalam jeda waktu 10 tahun, mungkin hanya dianggap sebagai keisengan belaka atau sekadar pamer di media sosial, tetapi ternyata memiliki dampak bagi psikologis kita.

4 Manfaat Ikutan Trend 10 Years Challenge

1. Perasaan berharga pada otak

Mereka yang ikut 10 Years Challenge mendapat keuntungan secara psikologis dengan bernostalgia. Ketika melihat kembali masa-masa indah, kenangan itu akan memicu sebuah perasaan berharga pada otak, memunculkan perasaan bahagia yang membawa kembali masa lalu.

2. Masa depan lebih cerah

Mengenang masa lalu membuat kita lebih percaya diri dan optimis. Misalnya kondisi usaha kita antara saat ini dengan 10 yang tahun lalu tidak ada peningkatan, maka kita dapat melakukan penilaian sendiri terhadap usaha yang kita lakukan, adakah yang harus dirubah dari konsep dan strategi usaha kita atau tidak.


4 Manfaat Ikutan Trend 10 Years Challenge

3. Meningkatkan mood

Efek peningkatan nostalgia dapat ditingkatkan jika kita fokus pada apa yang telah kita peroleh dari pada apa yang telah hilang. Sebagai contoh, ketika kita kehilangan orang tua, hal yang kita renungkan adalah momen istimewa dan kasih sayang yang pernah mereka berikan ke kita dulu. Maka saat itu mood kita akan meningkat karena kita mampu mensyukuri hal yang pernah kita peroleh dari orang tua kita dulu, dari pada momen saat kita kehilangan mereka.

4. Mengubah gaya hidup menjadi lebih baik

Nostalgia dapat membawa manfaat yang baik bagi gaya hidup kita. Misalnya, ketika 10 tahun yang lalu kita memiliki tubuh yang ideal dibandingkan saat ini, berarti terdapat kesalahan pada gaya hidup kita. Hal itu dapat memotivasi kita untuk dapat melakukan gaya hidup yang lebih baik, agar kita bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal. Sebaliknya ketika kondisi saat ini lebih baik dari pada 10 tahun yang lalu, kita juga akan termotivasi untuk terus melakukan gaya hidup yang sehat.

Nah itu tadi 4 Manfaat Ikutan Trend 10 Years Challenge. Jadi selain dapat mengikuti trend yang ada, melakukan tantangan 10 Years Challenge juga dapat membawa manfaat yang baik bagi diri kita. Tetapi kita harus tetap bijak dalam mem-posting foto di media sosial jika ingin ikut tren #10YearsChallenge. Jangan sampai keinginan untuk bernostalgia justru membuat kita merasa kecewa sehingga dampaknya menjadi tidak sehat bagi kehidupan kita.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "4 Manfaat Ikutan Trend 10 Years Challenge"

Posting Komentar